Blog Layout

10 Tips Optimasi Local SEO untuk Bisnis

Frontier Digital • Nov 10, 2021
Beragam cara perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi bisnis, salah satunya adalah memastikan bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Selain penggunaan SEO untuk cakupan yang lebih luas, Anda juga bisa memanfaatkan local SEO yang menjangkau target lokal atau mereka yang berada di sekitar area bisnis Anda. Apa itu local SEO dan bagaimana mengoptimalkannya? Langsung simak penjelasan berikut ini.

Mengenal local SEO
Apakah Anda pernah mencari sesuatu di mesin pencari Google dengan tambahan lokasi di belakangnya seperti "Cafe Surabaya"? Pengguna biasanya akan memakai keyword spesifik untuk menemukan bisnis lokal di sekitar mereka. Dengan begitu, algoritma Google akan memberikan hasil pencarian berdasarkan area.

Local SEO adalah metode optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal. Cara ini akan membantu bisnis masuk di halaman pertama mesin pencari sehingga pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah berdasarkan lokasi atau area terdekat. Dengan penerapan yang tepat, Anda akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website maupun peningkatan pembelian.
local seo fact on google search
Sebuah riset menyebutkan bahwa 46% pencarian Google adalah pencarian informasi lokal. Informasi dengan tipe "near me" atau "close by" juga makin meningkat selama dua tahun terakhir, yakni mencapai 900%. Ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan local SEO sebagai strategi bisnis, terutama jika tujuan Anda adalah menguasai area lokal.

Tips menerapkan local SEO
Mayoritas orang akan melakukan pencarian informasi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Di sinilah peran local SEO, yakni akan membantu calon pembeli terdekat untuk menemukan bisnis Anda. Tidak sedikit yang akhirnya mengunjungi lokasi bisnis hingga bahkan melakukan pembelian. Jadi, bagaimana caranya agar strategi ini berjalan maksimal?

1. Gunakan Google My Business
Apakah Anda sudah menggunakan Google My Business? Jika belum, segera buat akun dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun, coba cek kembali kelengkapan profil Anda. Pastikan hal-hal berikut telah dilakukan sehingga bisnis lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal:

  • Mengisi nama, lokasi, nomor telepon aktif, kategori bisnis, jam operasional, foto, dan atribut atau deskripsi bisnis. Lakukan update jika memang ada perubahan informasi.
  • Mengajak pelanggan untuk memberikan review agar bisnis Anda semakin kredibel, serta jangan lupa untuk merespons mereka.

Dengan data Google My Business yang lengkap, bisnis Anda akan lebih mudah dideteksi atau diindeks oleh Google sehingga muncul di Google Search dan Google Maps. Tampilannya seperti ini:
contoh local seo di google
2. Riset keyword
Penggunaan keyword yang tepat akan menaikkan peringkat bisnis dalam mesin pencari. Itulah mengapa penting untuk melakukan riset. Saat riset keyword, perhatikan volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, Search Engine Result Page (SERP), dan search intent. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner dengan target local keywords yang lebih spesifik sehingga menyasar mereka yang lebih mungkin melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Trends untuk memastikan keyword yang Anda pilih masih banyak dicari.

3. Ciptakan konten lokal
Konten lokal berkaitan erat dengan lokasi bisnis Anda. Misalnya, jika Anda sedang menjalankan bisnis hotel di Bali, Anda bisa mengeksplor konten lokal seputar Bali seperti berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, makanan khas Bali yang wajib dicoba, event yang akan atau sedang berlangsung, dan sebagainya. Cari tahu apa yang tengah menjadi tren di komunitas lokal. Kuncinya, konten yang semakin relevan akan memudahkan pengguna menemukan bisnis Anda.
 
4. Optimasi on-page SEO
Tujuan optimasi on-page SEO adalah untuk memudahkan mesin pencari melakukan proses identifikasi, serta penilaian konteks konten dan relevansi website dengan keyword. Selain judul yang menarik, maksimalkan penggunaan heading dan subheading pada konten. Tambahkan juga meta tags yang meliputi title tag dan meta description. Gunakan Google Webmaster Tools untuk melakukan analisa dan memastikan bahwa website Anda telah diindeks dengan benar oleh Google.

5. Analisa kompetitor
Menganalisa kompetitor akan membantu Anda untuk menyusun perencanaan atau strategi yang tepat sehingga bisa mengungguli mereka. Ketahui siapa saja kompetitor Anda dalam local keyword dan citation apa saja yang mereka gunakan, cek backlink kompetitor dengan memasukkan URL mereka ke website analisa link, lihat berapa banyak review yang Anda perlukan untuk memperoleh peringkat atas di mesin pencari. 

6. Tingkatkan performa link
Link eksternal (backlink) yang mengarah ke website Anda itu penting. Semakin banyak jumlah link dari website lain ke website Anda, maka semakin banyak pula skor domain authority yang Anda kumpulkan. Hal ini menunjukkan relevansi konten yang baik untuk pengguna sehingga berpotensi masuk dalam hasil pencarian teratas. Selain backlink, Anda juga harus memperhatikan link internal. Link internal ini akan membantu meningkatkan page authority, yakni ketika pengguna menghabiskan waktu lebih lama di website Anda karena mereka bisa dengan mudah pindah dari satu halaman ke halaman lain. 

7. NAP yang konsisten
NAP terdiri dari nama, alamat, dan nomor telepon. Langkah sederhana untuk menampilkan profil bisnis Anda ini adalah kunci untuk pencarian lokal yang relevan. Hal ini penting dalam memenangkan algoritma Google. Jadi, terapkan NAP dengan konsisten di berbagai platform seperti Google My Business, website, bahkan media sosial. 

8. Perhatikan ulasan konsumen
Ulasan sangat berhubungan dengan local SEO. 87% orang membaca online review saat melakukan pencarian lokal. 9 dari 10 orang membaca ulasan online sebelum melakukan pembelian, dan salah satu bagian yang sering dilihat adalah star rating. Maka dari itu, lakukan interaksi dengan mengajak pelanggan memberi ulasan serta merespons ulasan mereka. Jumlah dan keberagaman ulasan adalah dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas bisnis.
9. Pastikan website mobile-friendly
Kebanyakan pengguna internet telah menggunakan perangkat mobile. Mobile-friendly berarti website telah dioptimasi agar adaptif untuk berbagai macam ukuran layar atau menyesuaikan perangkat mobile. Google juga lebih menyukai website tipe ini. Dengan begitu, kemungkinan website Anda diakses dan bisnis dihubungi pun menjadi lebih tinggi. 

 
10. Melakukan audit performa
SEO adalah strategi yang berkelanjutan sehingga perlu pengecekan berkala untuk mengetahui apakah optimasi telah berjalan sesuai harapan. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda melakukan audit performa secara komprehensif untuk benar-benar mencapai tujuan. Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda melakukan evaluasi: 

  • Bagaimana Google My Business Anda, apakah informasinya akurat?
  • Apakah ada elemen yang kurang sehingga menghambat pengindeksan?
  • Bagaimana peringkat website, apakah on-page SEO sudah maksimal?
  • Bagaimana dengan performa link Anda?
  • Bagaimana posisi hasil pencarian website Anda dibandingkan kompetitor?

Kesimpulan
Local SEO adalah metode yang tepat untuk menarik calon pelanggan lokal dengan meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Anda perlu melakukan optimasi dengan mempertimbangkan berbagai trik SEO agar bisnis Anda masuk di halaman pertama atau bahkan peringkat teratas. Terapkan 10 tips di atas untuk meningkatkan performa online bisnis Anda.
3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: