Blog Layout

6 Langkah Mudah Pasang Iklan di YouTube Ads

Frontier Digital • Feb 10, 2023

Video marketing makin banyak dipilih dan disukai. Tak heran jika YouTube pun semakin populer. Mengunggah konten di YouTube dinilai akan membuka kesempatan bagi bisnis untuk memperluas jangkauan, meningkatkan brand awareness hingga menaikkan angka penjualan. Namun, mengunggah konten saja nyatanya tidak cukup. Agar optimal, Anda perlu mencoba beriklan di YouTube atau Youtube Ads. 


Sebagai bagian dari layanan Google, Anda akan menggunakan Google Ads untuk beriklan di YouTube. Namun, jika Anda masih belum familiar atau bahkan tidak tahu harus mulai dari mana, berikut adalah panduan lengkap beriklan di YouTube yang bisa diikuti. 

Ilustrasi penggunaan Youtube Ads

Apa Itu YouTube Ads? 

YouTube Ads adalah layanan iklan YouTube di mana Anda bisa mempromosikan produk atau jasa melalui platform ini. Iklan dapat berupa pemutaran video Anda sebelum pengguna menonton video yang mereka klik atau muncul di hasil penelusuran YouTube. 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, YouTube Ads merupakan bagian dari layanan iklan Google. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa keduanya sudah terintegrasi dengan baik. Performa iklan nantinya juga bisa Anda pantau melalui Google Analytics. 


Tipe-Tipe Iklan di YouTube
 

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat campaign ad di YouTube, penting untuk mengetahui berbagai jenis iklan yang tersedia di platform ini lalu memutuskan manakah opsi terbaik sesuai kebutuhan Anda. 


Terdapat 4 jenis YouTube Ads yang umum diketahui dan sering digunakan: 


TrueView in-stream Ads (Skippable Ads)

Iklan video satu ini adalah tipe yang bisa di-skip atau dilewati oleh penonton. Para pengguna YouTube pasti sering menemukan jenis iklan ini, mereka akan menonton bagian awal iklan lalu bisa memilih untuk skip. Durasi minimal untuk iklan ini adalah 12 detik dan maksimum 3 menit. Namun, pada detik ke-5, akan muncul tombol skip. 

Salah satu contoh Youtube Ads

Non-Skippable Ads 

Berbeda dengan sebelumnya, iklan satu ini merupakan tipe yang tidak bisa di-skip oleh penonton. Artinya, penonton akan menonton keseluruhan pesan iklan sebelum menonton video yang mereka pilih. 


Non-Skippable Ads terdiri dari: 

  • Pre-roll Ads: iklan muncul sebelum video dimulai dengan durasi 15-20 detik.
  • Mid-roll Ads: iklan muncul di pertengahan video atau setelah 10 menit video berlangsung dengan durasi 15-20 detik.
  • Bumper Ads: iklan muncul di awal, tengah, atau akhir video dengan durasi paling lama 6 detik.


Baca juga: Cara Mudah Membuat Iklan Di Google Ads


Discovery Ads 

Iklan ditayangkan pada halaman hasil pencarian, homepage YouTube, dan di halaman terkait video yang sedang ditonton. Posisi iklan akan berada di paling atas atau paling terlihat dengan label iklan sehingga mudah ditemukan oleh audiens. 

Tampilan Youtube Ads

Non-Video Ads

YouTube juga menyediakan penempatan iklan yang tidak menggunakan format video. Tampilan non-video ads akan muncul dalam bentuk kartu, gambar, serta teks pada berbagai video YouTube. 

  • Sponsored Card Ads
  • Overlay Ads
  • Display Ads 


Cara Beriklan di YouTube Ads

Setelah mengetahui jenis iklan seperti apa yang tepat untuk kebutuhan pemasaran Anda, mari melanjutkan untuk tahu bagaimana cara memasang iklan di YouTube. 


Langkah 1: Upload video ke YouTube 

Sebelum mulai menjalankan kampanye iklan, Anda perlu mengunggah video iklan ke channel YouTube yang Anda miliki. Agar hasilnya maksimal, pastika kualitas video sudah cukup baik sesuai ketentuan YouTube. 


Silakan masuk ke akun YouTube Anda dan mengklik ikon camcorder kecil di kanan atas YouTube. Kemudian, cukup klik ‘Unggah Video.’

tutorial melakukan upload video youtube ads

Langkah 2: Buat new campaign di Google Ads 

Setelah mengunggah video, saatnya masuk ke  Google Ads untuk memulai kampanye iklan Anda. Jika belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. 


Setelah masuk, klik "All Campaigns" lalu
ikon + untuk membuat kampanye baru. Kemudian pilih tujuan iklan Anda. Lanjutkan dengan memilih opsi video dan tentukan tipe iklan YouTube sesuai kebutuhan Anda. 


Berikutnya, klik "Continue". 

tutorial menjalankan youtube ads

Tujuan beriklan di YouTube bisa sangat berbeda tergantung pada kebutuhan pemasaran Anda. Mulai dari untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, hingga customer retention. Untuk mengetahui tujuan beriklan yang tepat, Anda bisa memperhatikan tabel berikut. 

tabel objective youtube ads

Langkah 3: Lengkapi campaign 

Langkah selanjutnya dalam Youtube Ads, Anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi atau mengisi kelengkapan campaign. Beberapa hal yang perlu Anda isi adalah:

  • Campaign Name: Nama yang menggambarkan kampanye iklan Anda. Untuk mempermudah pemantauan, gunakan nama kampanye yang jelas. Terutama jika Anda mengelola banyak iklan. 
  • Bid Strategy: Strategi bidding iklan Youtube.
  • Maximum CPV (cost per view): Anda hanya membayar sesuai dengan jumlah view. 
  • Target CPM (cost per mile): Harga yang Anda bayarkan adalah per 1000 tayangan. 
  • Target CPA (cost per acquisition): Biaya yang Anda bayarkan sesuai dengan penonton yang klik iklan Anda. 
  • Budget: Jumlah biaya yang ingin Anda keluarkan untuk beriklan di YouTube. 
  • Networks: Lokasi iklan akan ditampilkan. 
  • YouTube Search Results: Hanya akan muncul di halaman hasil pencarian YouTube. 
  • YouTube Videos: Akan muncul di hasil pencarian, halaman channel, di video, dan homepage YouTube. 
  • YouTube Display Network: Akan muncul di YouTube affiliate website dan Display Network. 
  • Location: Lokasi target audiens Anda. 
  • Language: Bahasa iklan yang digunakan. 
  • Inventory Type: Tipe konten pengecualian. 


Langkah 4: Tentukan target audiens 

Menentukan target audiens sangat penting agar iklan yang Anda jalankan benar-benar maksimal karena menjangkau pasar yang tepat. 

  • Tentukan demografi audiens

        Iklan memungkinkan Anda menentukan siapa yang ingin Anda jangkau berdasarkan opsi seperti jenis kelamin, usia, dan status orang tua mereka, dll.

setting demografi untuk Youtube Ads
  • Tentukan minat audiens 

        Google Ads juga memberi Anda banyak opsi untuk menemukan target pasar yang spesifik. 

audience interest setting on Youtube Ads

Langkah 5: Pilih penempatan iklan 

Berikutnya, Anda bisa memilih lebih detail terkait bagaimana iklan Anda akan ditampilkan. Perhatikan hal-hal penting berikut:

  • Masukkan keyword berdasarkan hasil riset 
  • Pilih topik yang relevan untuk menampilkan iklan
  • Pilih penempatan iklan. Jika Anda mengosongkan bagian ini, iklan Anda akan muncul di penempatan YouTube atau Jaringan Display mana pun yang cocok dengan pilihan penargetan Anda yang lain.


Langkah 6: Pilih video yang akan diiklankan

Langkah terakhir dalam Youtube Ads adalah memilih video yang hendak dijalankan. Ketika memasukkan link video, Anda juga akan melihat rangkuman dari ad setting sebelumnya. Jangan lupa mengisi URL untuk tampilan display, menambahkan call to action (CTA) serta headline. 

tutorial membuat Youtube Ads

Setelah itu, klik “Save and Continue” dan lanjut “Continue to Campaign” untuk launching iklan YouTube Anda. Artinya, cara membuat YouTube Ads sudah selesai.

Campaign Youtube Ads berjalan

Nah, sudah siap untuk beriklan di YouTube? Anda bisa membuat kampanye Youtube Ads dengan mengikuti 6 langkah mudah di atas. Jika ingin iklan video Anda sukses, pastikan bahwa Anda sudah melakukan berbagai upaya optimasinya. Selamat mencoba! 

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer
By Frontier Digital 29 Nov, 2022
TikTok adalah social platform yang populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memaksimalkan potensi cuan di platform ini, salah satunya dengan menjadi TikTok influencer.
More Posts
Share by: