Blog Layout

Cara Melakukan Youtube SEO Untuk Bisnis

Frontier Digital • Feb 13, 2023

Mengingat video merupakan format konten yang disukai audiens, tidak heran jika YouTube akhirnya menjadi platform yang sering dikunjungi. Jumlah pengunjung bulanannya mencapai 1.7 miliar. Lalu bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang? Simak artikel ini sampai selesai ya! 

Pria Sedang Menggunakan Youtube

Cara Melakukan YouTube SEO 

Lebih dari 80% pengguna internet sudah pernah menggunakan YouTube. Sebagai pemilik bisnis atau marketer, hadir di platform satu ini tentu bisa jadi peluang yang menjanjikan. Penting untuk selalu memastikan bahwa mengunggah konten saja tidak cukup, Anda juga perlu melakukan optimasi agar konten tersebut mudah ditemukan. 


YouTube SEO adalah metode optimasi untuk meningkatkan kesempatan agar video Anda berada di hasil pencarian teratas sehingga nantinya juga akan memperoleh lebih banyak klik. Lewat YouTube, Anda bisa meningkatkan brand awareness hingga mengarahkan audiens untuk berkunjung dan mengenal bisnis Anda lebih jauh. 


Jika belum familiar dengan YouTube SEO, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba terapkan:


1. Riset Keyword YouTube 

Hal pertama yang esensial dalam cara melakukan youtube SEO adalah melakukan riset keyword. Keyword merupakan kata kunci yang digunakan pengguna untuk mencari konten tertentu. Apa yang biasa digunakan di mesin pencari lain seperti Google bisa saja berbeda dengan di YouTube. 


Jika Anda sudah rutin mengunggah konten ke YouTube, Anda bisa mulai dengan menemukan kata kunci dari video-video yang paling banyak dilihat. Jika mulai dari nol, Anda bisa membuat daftar keyword dasar yang relevan dengan bisnis. Pastikan Anda melakukan pengecekan lebih lanjut melalui YouTube keyword tools. Ketahui jumlah search volume dan tingkat popularitas keyword. Semakin familiar keyword tersebut digunakan oleh audiens, maka semakin mudah pula konten Anda untuk ditemukan.


Baca juga: 5 Langkah Strategis Melakukan Keyword Research


2. Tingkatkan Kualitas Video 

Layaknya tips SEO secara umum, kualitas konten tentu jadi faktor yang wajib diperhatikan. Agar memperoleh ranking, Anda harus membuat penonton betah menyaksikan konten Anda. Ini disebut audience retention. Bahkan YouTube sendiri juga menyebutkan bahwa audience retention yang tinggi akan meningkatkan peluang Anda untuk muncul di hasil pencarian dan rekomendasi. Coba tingkatkan kualitas video Anda. Bukan hanya soal teknis produksi, namun juga pada bagian isi. Konten yang berharga (valuable) akan ditonton sampai akhir. 


3. Optimasi Judul dan Deskripsi 

Cara melakukan Youtube SEO berikutnya adalah menggunakan keyword pada berbagai penempatan paling strategis agar video mudah dipahami oleh YouTube dan Google, serta mudah ditemukan oleh audiens. Di antaranya adalah penempatan keyword pada judul dan deskripsi video. 


Judul video setidaknya berisi 5-6 kata sehingga keyword Anda bisa dimasukkan tanpa melakukan keyword stuffing. Judul mungkin jadi bagian pertama yang dilihat penonton, yang akan membuat mereka melakukan klik. Jadi, coba gunakan judul yang familiar dan sesuai dengan isi konten. 


Seperti judul, deskripsi video juga tidak kalah penting. Deskripsi akan memberikan konteks yang jelas kepada YouTube dan Google terkait isi video Anda. Coba selipkan keyword utama di 25-30 kata pertama. Tulis deskripsi sesuai isi konten, pastikan agar tidak terlalu panjang. Idealnya adalah 250 kata. 


4. Gunakan Thumbnail Menarik 

Sudah seberapa sering Anda mengklik video di YouTube karena thumbnail yang menarik? Ini juga berlaku untuk konten bisnis Anda sendiri. Thumbnail memang tidak berhubungan langsung, tapi tentu akan berdampak positif untuk SEO lewat banyaknya klik yang bisa Anda terima. Gunakan thumbnail dengan kualitas yang sesuai dengan selera target audiens Anda. 


Tips lainnya adalah coba ketahui gaya mengemas thumbnail yang populer untuk industri bisnis Anda. Karena biasanya audiens tidak berbeda jauh, Anda jadi bisa menggunakan formula yang mirip untuk menarik perhatian audiens di industri tersebut. 

Youtube SEO dalam sebuah laptop

5. Ajak Audiens Berinteraksi 

Seperti Google, YouTube juga memprioritaskan konten populer. Oleh karena itu, jangan lupa ajak audiens untuk berlangganan (subscribe) dan berinteraksi dengan video Anda seperti memberi like maupun comment. Bagaimana interaksi terjadi di konten Anda merupakan gambaran penting yang akan menunjukkan bagaimana kualitas konten Anda.


6. Promosikan Video 

Sebagai salah satu social platform, Anda bisa meningkatkan visibilitas dan SEO dengan membagikan konten YouTube Anda di social channel lainnya seperti Facebook dan Instagram. Mempromosikan video Anda bisa memperbesar peluang untuk memperoleh lebih banyak penonton. Cara lainnya adalah Anda bisa menambahkan link video YouTube yang relevan di pesan email marketing hingga memasukkan embed link di postingan blog Anda. 


7. Cek Kompetitor dan Evaluasi 

Terakhir adalah jangan lupa untuk mengawasi para kompetitor dan apa yang mereka lakukan di YouTube. Utamanya, perhatikan keyword yang mereka gunakan. Pastikan pula untuk melakukan evaluasi secara rutin terkait upaya SEO yang sudah Anda lakukan. Gunakan SEO tools untuk mengetahui data analytic yang lebih akurat. Data tersebut bisa dijadikan dasar untuk menyusun strategi yang lebih baik kedepannya. 


Ide Video YouTube 

Jika Anda tertarik mengunggah konten video secara rutin di YouTube, berikut adalah beberapa ide video YouTube yang bisa diterapkan untuk bisnis. 


1. Product Demo 

Video ini berisi gambaran singkat dan padat terkait produk seperti penjelasan fitur produk hingga manfaat yang bisa didapatkan.


2. Tutorial 

Video ini berisi penjelasan yang lebih mendalam terkait cara menggunakan produk. Anda bisa menjawab berbagai pertanyaan customer melalui video jenis ini. 


3. Testimonial

Video ini biasanya berisi wawancara singkat dengan para customer yang telah menggunakan produk untuk membangun kredibilitas. Jika Anda memiliki pelanggan yang populer atau memiliki nama besar, konten ini bisa menjadi highlight untuk memperoleh trust dari audiens. 


4. Project atau Case Study 

Video ini berisi rangkuman project atau case study yang berhasil dikerjakan. Ini juga bisa menjadi portofolio bisnis sehingga bisnis dinilai lebih kredibel. 


5. Video Blog 

Video ini berisi highlight events atau blog post yang telah Anda unggah sebelumnya. 


6. YouTube Live

Video live memungkinkan Anda berbagi momen tanpa filter dan memungkinkan audiens untuk berpartisipasi secara real time. Video live di YouTube dapat direkam dan muncul seperti unggahan video lainnya.


Baca juga: Apa Itu Evergreen Content & Cara Menerapkannya


Nah, sudah siap memaksimalkan bisnis di YouTube? Sebagai search engine yang paling banyak dikunjungi setelah Google, Anda bisa membidik lebih banyak calon konsumen di platform ini. Agar hasilnya maksimal, pastikan Anda menerapkan YouTube SEO dan konsisten melakukan evaluasi serta perbaikan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer
By Frontier Digital 29 Nov, 2022
TikTok adalah social platform yang populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memaksimalkan potensi cuan di platform ini, salah satunya dengan menjadi TikTok influencer.
More Posts
Share by: