Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM

Sumber: Pexels
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu. Produk Anda jadi bisa dilirik oleh mereka yang jauh di luar kota hingga luar negeri. Transaksi pun bisa terjadi kapan saja tanpa hambatan seperti jam buka toko.
Seperti yang diketahui, digital marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang menggunakan media digital atau internet. Strategi ini tentu tidak eksklusif untuk brand atau bisnis yang sudah mapan. UMKM justru harus mulai menerapkan secara konsisten agar bisa terus kompetitif dan bertahan.
Nah, artikel ini akan membahas lebih detail mengenai cara menerapkan strategi digital marketing, khususnya untuk para pelaku UMKM agar bisnis terus tumbuh. Mari simak!
Kenapa Digital Marketing Penting?
Antara tahun 2020 dan 2021, ada tingkat pertumbuhan 14% dalam pengeluaran anggaran digital marketing di seluruh bisnis. Ini menunjukkan bahwa para pelaku bisnis atau marketer mau berinvestasi menerapkan strategi ini. Kenaikan tersebut wajar karena digital marketing memang langkah yang efisien untuk mengoptimalkan online presence sehingga bisnis makin dikenal dan menghasilkan.
Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika menerapkan strategi digital marketing:
Jangkauan pasar yang luas
Mayoritas orang kini lebih memilih untuk melakukan pencarian di internet, baik untuk mencari informasi maupun untuk membeli produk atau jasa. Strategi digital marketing akan membantu Anda untuk menjangkau para calon konsumen online ini. Melalui internet, tidak ada lagi batasan jarak atau waktu sehingga bisnis bisa memiliki pasar yang luas.
Layanan konsumen yang lebih baik
Strategi digital marketing memfasilitasi bisnis agar lebih mudah melakukan interaksi dengan target audiens dan para pelanggan. Komunikasi yang dilakukan bisa bersifat dua arah dan real-time. Hal ini akan sangat membantu bisnis untuk membangun kedekatan dengan mereka sehingga mereka lebih terdorong untuk melakukan pembelian. Hubungan brand-konsumen yang baik juga akan meningkatkan citra bisnis sehingga nantinya turut berdampak positif terhadap penjualan.
Strategi yang lebih terukur
Menerapkan metode ini memungkinkan Anda untuk memiliki metrik yang lebih terukur. Digital marketing biasanya dijalankan dengan tujuan, key performance indicator (KPI), dan berbagai acuan lain yang jelas. Bersamaan dengan penggunaan digital marketing tools, Anda bisa menilai performa strategi ini dengan data-data yang lebih akurat. Proses evaluasi dan pengambilan keputusan akhirnya juga jadi lebih efisien.
Lebih hemat biaya
Dengan upaya digital, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran bisnis. Anda bisa menjangkau lebih banyak target audiens dengan lebih sedikit tenaga. Strategi digital marketing juga lebih murah karena Anda bisa mengontrol budget ketika proses eksekusi. Misalnya, Anda bisa langsung mengurangi anggaran untuk kampanye iklan yang tidak berdampak signifikan terhadap ROI.
Meningkatkan penjualan
Strategi digital marketing bisa membantu meningkatkan angka penjualan karena Anda bisa menjangkau calon konsumen yang tidak terbatas, membuat iklan dengan target yang sangat spesifik, hingga melakukan retargeting untuk mendorong terjadinya transaksi. Metode pemasaran ini akan mengarahkan Anda untuk fokus pada konsumen potensial sehingga tidak perlu buang banyak tenaga untuk hal-hal yang tidak menghasilkan.
Baca juga: 5 Contoh Digital Marketing Platform Untuk Bisnis
Persiapan Memulai Digital Marketing
Setelah mengetahui betapa penting untuk mulai beralih ke digital dan menerapkan strategi digital marketing, saatnya menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk menjalankannya. Bagi pelaku UMKM yang awam dengan dunia digital, pastikan Anda harus memiliki ini:
1. Aset digital
Aset digital sangat penting karena ini adalah tempat di mana Anda akan mempromosikan dan menjual produk di internet. Contohnya adalah akun media sosial, website, toko online di marketplace, hingga aplikasi WhatsApp Business.
2. Rencana promosi
Selanjutnya adalah menyiapkan perencanaan promosi atau kampanye yang ingin dijalankan. Bagi pemula, ada baiknya untuk tidak langsung menjalankan semua aset digital yang ada. Lebih baik memilih beberapa yang memang tepat dan sesuai dengan bisnis lalu nantinya dijalankan dengan seoptimal mungkin.
3. Rencana konten
Konten adalah elemen penting yang membantu bisnis menarik target audiens. Inilah mengapa membuat perencanaan konten jadi penting. Buatlah konten sesuai platform karena masing-masing platform bisa memiliki tipe dan karakteristik audiens yang berbeda.
4. Biaya
Terakhir adalah persiapan budget. Gunakan strategi yang tepat untuk pemasangan iklan hingga bekerjasama dengan para influencer. Hindari mengalokasikan budget tanpa perhitungan yang tepat. Misalnya, menjalankan iklan sebanyak mungkin tanpa melakukan analisis terkait kampanye yang lebih diprioritaskan.
Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
Selanjutnya, mari ketahui lebih detail mengenai langkah-langkah apa saja yang bisa langsung Anda praktikkan untuk menjalankan strategi digital marketing.
1. Membuat akun Google My Business
Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Inilah mengapa penting untuk meningkatkan visibilitas online Anda melalui Google My Business. Google My Business sendiri adalah bagian dari layanan Google yang bisa menyediakan berbagai informasi bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, alamat email, waktu operasional, nomor telepon, foto perusahaan, website, hingga review pelanggan. Mengoptimasi Google My Business akan meningkatkan awareness hingga membantu memperoleh pelanggan yang tepat.
2. Membangun website
Website juga merupakan aset penting untuk sebuah bisnis. Tidak hanya membantu memberikan informasi seputar bisnis Anda, website juga berperan penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis sehingga calon konsumen lebih yakin untuk memilih Anda. Setelah memiliki website, pastikan Anda melakukan optimasi agar lebih SEO-friendly.
3. Promosi di media sosial
Media sosial bisa menjadi saluran yang tepat karena jumlah penggunanya yang sangat besar dan beragam. Akun media sosial yang terintegrasi dengan channel digital Anda lainnya juga bisa sangat menguntungkan. Misalnya, Anda bisa mendatangkan traffic ke website, membangun koneksi yang lebih dekat dengan audiens, hingga menjalankan proses transaksi di platform tersebut. Pastikan Anda konsisten untuk menyajikan konten yang tidak hanya menghibur, namun memang bisa memberikan value kepada target audiens.
4. Bekerjasama dengan influencer
Influencer kerap dijadikan referensi ketika seseorang hendak membeli produk. Langkah bekerjasama dengan mereka akhirnya bisa jadi salah satu pertimbangan pelaku bisnis untuk makin meyakinkan calon konsumennya. HIndari memilih influencer hanya karena jumlah followers, pertimbangkan dengan matang apakah dia memang sosok yang relevan untuk mempromosikan produk Anda hingga seberapa baik interaksi yang telah terbentuk dengan para followersnya.
5. Melakukan kampanye iklan
Selain harus memaksimalkan konten dengan cara-cara organik, Anda juga bisa menambahkan strategi berbayar seperti menjalankan kampanye iklan. Dengan iklan, Anda bisa menyasar target yang sangat spesifik sehingga lebih besar peluangnya untuk mencapai target bisnis. Misalnya, menjalankan kampanye Google Ads atau beriklan di media sosial menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, atau TikTok Ads.
Nah, sudah siap menerapkan strategi digital marketing? Pemasaran digital adalah langkah yang harus segera dilakukan oleh para pelaku bisnis, terutama pegiat UMKM. Mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman hingga perilaku konsumen yang dinamis merupakan syarat agar bisnis terus bertahan.
