Blog Layout

Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM

Frontier Digital • Feb 22, 2023
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM

Sumber: Pexels

Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu. Produk Anda jadi bisa dilirik oleh mereka yang jauh di luar kota hingga luar negeri. Transaksi pun bisa terjadi kapan saja tanpa hambatan seperti jam buka toko. 


Seperti yang diketahui, digital marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang menggunakan media digital atau internet. Strategi ini tentu tidak eksklusif untuk brand atau bisnis yang sudah mapan. UMKM justru harus mulai menerapkan secara konsisten agar bisa terus kompetitif dan bertahan. 


Nah, artikel ini akan membahas lebih detail mengenai cara menerapkan strategi digital marketing, khususnya untuk para pelaku UMKM agar bisnis terus tumbuh. Mari simak! 


Kenapa Digital Marketing Penting?


Antara tahun 2020 dan 2021, ada tingkat pertumbuhan 14% dalam pengeluaran anggaran digital marketing di seluruh bisnis. Ini menunjukkan bahwa para pelaku bisnis atau marketer mau berinvestasi menerapkan strategi ini. Kenaikan tersebut wajar karena digital marketing memang langkah yang efisien untuk mengoptimalkan online presence sehingga bisnis makin dikenal dan menghasilkan. 


Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika menerapkan strategi digital marketing: 


Jangkauan pasar yang luas

Mayoritas orang kini lebih memilih untuk melakukan pencarian di internet, baik untuk mencari informasi maupun untuk membeli produk atau jasa. Strategi digital marketing akan membantu Anda untuk menjangkau para calon konsumen online ini. Melalui internet, tidak ada lagi batasan jarak atau waktu sehingga bisnis bisa memiliki pasar yang luas. 

 

Layanan konsumen yang lebih baik 

Strategi digital marketing memfasilitasi bisnis agar lebih mudah melakukan interaksi dengan target audiens dan para pelanggan. Komunikasi yang dilakukan bisa bersifat dua arah dan real-time. Hal ini akan sangat membantu bisnis untuk membangun kedekatan dengan mereka sehingga mereka lebih terdorong untuk melakukan pembelian. Hubungan brand-konsumen yang baik juga akan meningkatkan citra bisnis sehingga nantinya turut berdampak positif terhadap penjualan. 


Strategi yang lebih terukur 

Menerapkan metode ini memungkinkan Anda untuk memiliki metrik yang lebih terukur. Digital marketing biasanya dijalankan dengan tujuan, key performance indicator (KPI), dan berbagai acuan lain yang jelas. Bersamaan dengan penggunaan digital marketing tools, Anda bisa menilai performa strategi ini dengan data-data yang lebih akurat. Proses evaluasi dan pengambilan keputusan akhirnya juga jadi lebih efisien. 


Lebih hemat biaya

Dengan upaya digital, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran bisnis. Anda bisa menjangkau lebih banyak target audiens dengan lebih sedikit tenaga. Strategi digital marketing juga lebih murah karena Anda bisa mengontrol budget ketika proses eksekusi. Misalnya, Anda bisa langsung mengurangi anggaran untuk kampanye iklan yang tidak berdampak signifikan terhadap ROI. 


Meningkatkan penjualan 

Strategi digital marketing bisa membantu meningkatkan angka penjualan karena Anda bisa menjangkau calon konsumen yang tidak terbatas, membuat iklan dengan target yang sangat spesifik, hingga melakukan retargeting untuk mendorong terjadinya transaksi. Metode pemasaran ini akan mengarahkan Anda untuk fokus pada konsumen potensial sehingga tidak perlu buang banyak tenaga untuk hal-hal yang tidak menghasilkan. 


Baca juga: 5 Contoh Digital Marketing Platform Untuk Bisnis


Persiapan Memulai Digital Marketing


Setelah mengetahui betapa penting untuk mulai beralih ke digital dan menerapkan strategi digital marketing, saatnya menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk menjalankannya. Bagi pelaku UMKM yang awam dengan dunia digital, pastikan Anda harus memiliki ini: 


1. Aset digital
 

Aset digital sangat penting karena ini adalah tempat di mana Anda akan mempromosikan dan menjual produk di internet. Contohnya adalah akun media sosial, website, toko online di marketplace, hingga aplikasi WhatsApp Business. 


2. Rencana promosi

Selanjutnya adalah menyiapkan perencanaan promosi atau kampanye yang ingin dijalankan. Bagi pemula, ada baiknya untuk tidak langsung menjalankan semua aset digital yang ada. Lebih baik memilih beberapa yang memang tepat dan sesuai dengan bisnis lalu nantinya dijalankan dengan seoptimal mungkin. 


3. Rencana konten
 

Konten adalah elemen penting yang membantu bisnis menarik target audiens. Inilah mengapa membuat perencanaan konten jadi penting. Buatlah konten sesuai platform karena masing-masing platform bisa memiliki tipe dan karakteristik audiens yang berbeda. 


4. Biaya 

Terakhir adalah persiapan budget. Gunakan strategi yang tepat untuk pemasangan iklan hingga bekerjasama dengan para influencer. Hindari mengalokasikan budget tanpa perhitungan yang tepat. Misalnya, menjalankan iklan sebanyak mungkin tanpa melakukan analisis terkait kampanye yang lebih diprioritaskan.


Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya


Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM


Selanjutnya, mari ketahui lebih detail mengenai langkah-langkah apa saja yang bisa langsung Anda praktikkan untuk menjalankan strategi digital marketing. 


1. Membuat akun Google My Business

Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Inilah mengapa penting untuk meningkatkan visibilitas online Anda melalui Google My Business. Google My Business sendiri adalah bagian dari layanan Google yang bisa menyediakan berbagai informasi bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, alamat email, waktu operasional, nomor telepon, foto perusahaan, website, hingga review pelanggan. Mengoptimasi Google My Business akan meningkatkan awareness hingga membantu memperoleh pelanggan yang tepat. 


2. Membangun website 

Website juga merupakan aset penting untuk sebuah bisnis. Tidak hanya membantu memberikan informasi seputar bisnis Anda, website juga berperan penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis sehingga calon konsumen lebih yakin untuk memilih Anda. Setelah memiliki website, pastikan Anda melakukan optimasi agar lebih SEO-friendly. 


3. Promosi di media sosial 

Media sosial bisa menjadi saluran yang tepat karena jumlah penggunanya yang sangat besar dan beragam. Akun media sosial yang terintegrasi dengan channel digital Anda lainnya juga bisa sangat menguntungkan. Misalnya, Anda bisa mendatangkan traffic ke website, membangun koneksi yang lebih dekat dengan audiens, hingga menjalankan proses transaksi di platform tersebut. Pastikan Anda konsisten untuk menyajikan konten yang tidak hanya menghibur, namun memang bisa memberikan value kepada target audiens. 


4. Bekerjasama dengan influencer 

Influencer kerap dijadikan referensi ketika seseorang hendak membeli produk. Langkah bekerjasama dengan mereka akhirnya bisa jadi salah satu pertimbangan pelaku bisnis untuk makin meyakinkan calon konsumennya. HIndari memilih influencer hanya karena jumlah followers, pertimbangkan dengan matang apakah dia memang sosok yang relevan untuk mempromosikan produk Anda hingga seberapa baik interaksi yang  telah terbentuk dengan para followersnya. 


5. Melakukan kampanye iklan
 

Selain harus memaksimalkan konten dengan cara-cara organik, Anda juga bisa menambahkan strategi berbayar seperti menjalankan kampanye iklan. Dengan iklan, Anda bisa menyasar target yang sangat spesifik sehingga lebih besar peluangnya untuk mencapai target bisnis. Misalnya, menjalankan kampanye Google Ads atau beriklan di media sosial menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, atau TikTok Ads. 


Nah, sudah siap menerapkan strategi digital marketing? Pemasaran digital adalah langkah yang harus segera dilakukan oleh para pelaku bisnis, terutama pegiat UMKM. Mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman hingga perilaku konsumen yang dinamis merupakan syarat agar bisnis terus bertahan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer
By Frontier Digital 29 Nov, 2022
TikTok adalah social platform yang populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memaksimalkan potensi cuan di platform ini, salah satunya dengan menjadi TikTok influencer.
More Posts
Share by: