Blog Layout

Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif

Frontier Digital • Dec 01, 2022

Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Memanfaatkan hubungan influencer dan audiens mereka yang telah terbentuk, kampanye sebuah brand tentu bisa berpeluang lebih besar untuk berhasil.


Namun, penting diperhatikan bahwa membuat kampanye menggunakan influencer juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda tidak serta-merta melakukan kerjasama dan meminta mereka untuk membuat konten unik. Tetap perlu proses perencanaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan brand. Bagaimana cara membuat kampanye influencer marketing yang efektif? Mari simak artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif

Sumber: Pexels

Apa Itu Influencer Marketing?

Sebelum mengetahui cara membuat kampanye influencer marketing yang efektif, Anda wajib mengetahui apa itu influencer marketing terlebih dahulu. Influencer marketing adalah sebuah upaya pemasaran menggunakan influencer atau sosok yang memiliki pengaruh kuat seperti kalangan selebriti, atlet, atau orang biasa dengan niche tertentu.


Keberhasilan influencer marketing telah banyak terbukti. Itulah mengapa
75% marketer menyatakan bahwa mereka telah mengalokasikan dana khusus untuk influencer marketing. Dengan demografi yang luas dan beragam, tidak heran jika brand memilih menjalankan strategi pemasaran satu ini.


Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif

Beradaptasi dengan tren yang disukai pasar itu sangatlah penting, salah satunya dengan mulai menyesuaikan ulang gaya promosi bisnis Anda. Faktanya, 61% konsumen percaya dengan rekomendasi influencer dibandingkan branded content. Influencer marketing akan berdampak signifikan terhadap bisnis jika dilakukan dengan tepat.

Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif

Berikut adalah cara membuat influencer marketing campaign yang efektif:


1. Tetapkan tujuan campaign

Upaya pemasaran bisa dilakukan untuk berbagai tujuan bisnis. Pada influencer marketing, salah satu yang sering ingin dicapai adalah brand awareness. Namun, Anda juga bisa menambahkan atau memilih tujuan lain sesuai kebutuhan seperti meningkatkan website traffic atau sales.


Mendefinisikan dengan jelas tujuan kampanye Anda akan memudahkan berbagai langkah berikutnya. Anda bisa menetapkan strategi yang lebih baik dengan berorientasi pada tujuan besar tersebut. Penting untuk selalu mempertimbangkan prioritas bisnis Anda. 


2. Buat
key performance indicator (KPI)

KPI sangat berguna untuk mengukur sejauh mana kampanye Anda berhasil. KPI tidak hanya digunakan untuk melihat hasil akhir, Anda juga bisa melakukan penilaian ketika kampanye berlangsung untuk memutuskan langkah mana yang perlu dipertahankan atau justru perlu diperbaiki. Untuk menentukan KPI, tentu Anda harus memiliki campaign goals yang jelas terlebih dahulu.


Misalnya, Anda memilih
reach, views, dan share sebagai KPI untuk tujuan awareness dan engagement. Selama masa kampanye, Anda bisa lebih fokus memperhatikan poin-poin tersebut. Pastikan bahwa KPI yang dibuat terikat dengan tujuan campaign dan tergolong masuk akal untuk dicapai (reasonable).


Baca juga: 5 Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis


3. Tentukan target audiens

Selain dua hal di atas, Anda juga harus menentukan siapa target audiens dari kampanye yang akan dibuat. Audiens di sini adalah orang-orang yang tidak hanya memiliki demografis sama namun juga memiliki ketertarikan sama. Pahami apa yang paling disukai oleh kelompok target audiens Anda.


Jika Anda menjual produk berkaitan dengan otomotif misalnya, coba cari tahu berbagai informasi mengenai komunitas otomotif. Dengan begitu, Anda juga lebih mudah mengetahui platform media sosial mana yang paling sering mereka gunakan. Artinya, mengetahui siapa target audiens Anda juga akan membantu Anda memilih influencer yang tepat.


4. Siapkan budget dan strategi manajemen

Influencer memiliki rate harga yang beragam. Sebelum memilih influencer yang tepat, Anda tentu perlu menyiapkan budget. Skala campaign juga menjadi bahan pertimbangan ketika menentukan budget, kampanye besar tentu tidak mengeluarkan biaya yang sedikit.


Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan waktu untuk melaksanakan kampanye influencer marketing. Strategi ini tidak akan berjalan otomatis, perlu manajemen yang tepat guna agar setiap pihak yang terlibat bisa berkomitmen dengan sungguh-sungguh.


5. Pilih dan kontak influencer

Berikutnya adalah memilih influencer. Ini bukan hanya soal membuat daftar nama influencer yang memiliki pengikut banyak. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal agar memperoleh influencer yang tepat untuk mempromosikan brand.


Coba gunakan formula 4C dalam influencer marketing framework:

  • Community (komunitas): Selain jumlah pengikut, Anda perlu memperhatikan siapa pengikut influencer tersebut. Apakah cocok dengan target audiens Anda? Sebaik apa hubungan influencer dengan komunitasnya tersebut?
  • Content (konten): Format konten seperti apa yang paling cocok digunakan untuk mempromosikan kampanye Anda? Menjawab ini akan memudahkan Anda untuk memilih influencer. Pilih influencer yang sudah cukup konsisten mengunggah konten serupa.
  • Culture (kultur): Setiap influencer itu unik. Mereka memiliki style dan tone masing-masing. Apakah itu cocok dengan tujuan kampanye Anda? Tidak kalah penting, apakah itu cocok dengan brand image bisnis Anda?
  • Competence (kompetensi): Ini berkaitan dengan kualitas konten. Jika kualitas konten tidak cukup baik, kinerja kampanye Anda akan menurun. Bagaimana kompetensinya ketika mengerjakan konten bersponsor atau endorsement?


Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya


6. Memaksimalkan kreativitas

Pada tahap memilih influencer, Anda bisa memanfaatkan strategi mengombinasikan influencer makro dan mikro agar jangkauan campaign optimal. Selain itu, meski influencer terbiasa membuat konten unik sesuai niche mereka, Anda juga tetap bisa menambahkan perspektif lain yang membuat konten semakin kreatif. Gunakan angle tak terduga untuk menarik perhatian audiens.


7. Evaluasi dan analisis hasil kampanye

Terakhir adalah melakukan evaluasi dan analisis terhadap hasil kampanye. Menggunakan KPI yang telah Anda buat, Anda akan mengetahui apakah influencer marketing campaign berjalan berhasil.


  • Sejauh mana kampanye yang telah dijalankan memenuhi KPI yang telah dibuat?
  • Bagaimana kampanye ini memengaruhi kegiatan pemasaran berikutnya?


Terkait data analitik, Anda tentu bisa memilih menggunakan tools profesional agar memperoleh data yang lebih akurat.


In House vs. Agency Influencer Marketing?

Membuat dan menjalankan kampanye influencer marketing tentu tidak mudah. Anda harus menginvestasikan waktu untuk proses perencanaan, eksekusi, hingga analisis dan pelaporan. Ada dua alternatif yang bisa dipilih oleh bisnis, pertama adalah melakukan semuanya sendiri (in house). Lalu kedua, ketika brand membutuhkan cakupan influencer yang lebih luas serta kemudahan untuk mengurus kerjasama dengan influencer, brand bisa menyewa influencer marketing agency.


Anda bisa memilih alternatif terbaik sesuai kebutuhan dan kapasitas bisnis Anda. Pada akhirnya, yang harus diingat adalah bisnis harus terus beradaptasi dengan berbagai gaya promosi digital yang dinamis. Salah satunya melalui kampanye influencer marketing.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer
By Frontier Digital 29 Nov, 2022
TikTok adalah social platform yang populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memaksimalkan potensi cuan di platform ini, salah satunya dengan menjadi TikTok influencer.
More Posts
Share by: