Blog Layout

5 Contoh Digital Marketing Platform Untuk Bisnis

Frontier Digital • Feb 08, 2023

Bisnis di era digital sangat bergantung pada teknologi modern dan internet. Menggunakan keduanya dengan maksimal akan sangat membantu proses perencanaan, eksekusi, hingga pemantauan yang lebih akurat sesuai tujuan bisnis. Misalnya, penggunaan website. Website adalah satu dari sekian digital marketing platform yang penting untuk pertumbuhan bisnis. 


Sebagai digital marketing platform, website membantu bisnis untuk meningkatkan awareness, kredibilitas, hingga penjualan secara langsung. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini sudah banyak jenis platform yang tidak kalah potensial dan bisa Anda gunakan? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut telah kami buat rangkumannya untuk Anda. 

popular digital marketing platform

Apa Itu Digital Marketing Platform? 

Jika digital marketing adalah inisiatif pemasaran yang memanfaatkan perangkat online, maka digital marketing platform adalah solusi untuk mendukung hal tersebut. Digital marketing platform merupakan alat yang menyediakan kemampuan untuk mendukung berbagai fungsi dalam ranah marketing melalui internet. 


Digital marketing platform memiliki banyak bentuk, tergantung pada model bisnis yang digunakan serta tujuan bisnis spesifik yang ingin dicapai. Selain website, contoh lain yang cukup populer adalah social media marketing platforms seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. 


Beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan digital marketing platform adalah:

  • Mempermudah perencanaan, pemantauan, hingga pengambilan keputusan karena mengacu pada data yang akurat
  • Mempercepat akses untuk setiap pihak yang terlibat 
  • Efisiensi operasional kerja pemasaran bahkan bisnis secara keseluruhan 


5 Contoh Digital Marketing Platform 

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing platform serta manfaatnya untuk bisnis, mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda. 


1.  Website 

Website adalah platform penting untuk bisnis. Tidak hanya Anda harus memiliki website, Anda juga perlu melakukan optimasi dengan menerapkan search engine optimization (SEO). Tujuannya adalah agar website mudah dipahami oleh bot Google sehingga naik peringkat di halaman hasil pencarian. SEO yang baik pada akhirnya juga akan meningkatkan user experience. Ketika diterapkan dengan maksimal, hasil yang akan Anda dapatkan adalah meningkatnya brand awareness, organic traffic, hingga konversi. 


Gunakan checklist berikut untuk mengoptimalkan website sebagai platform bisnis: 

  • Tinjau desain website, pastikan dapat merepresentasikan bisnis Anda 
  • Optimasi dengan SEO, mulai dari technical, on page, hingga off page
  • Siapkan konten dan unggah secara konsisten
  • Gunakan strategi remarketing 
  • Promosikan website secara berkala 


Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Memerlukan Website


2. Social Media 

Saat ini, siapa yang tidak bermain media sosial? Platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat modern. Data menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa menghabiskan 2 jam 22 menit di media sosial. Melihat angka tersebut, tidak heran jika 64% konsumen sepakat agar brand sebaiknya membangun koneksi dengan mereka lewat media sosial. 


Social media platforms sangat mudah diakses dan digunakan. Pemilik bisnis atau marketer bisa mengunggah konten lalu berinteraksi langsung dengan target audiens mereka. Untuk memperluas jangkauan atau menarget pasar yang spesifik, brand juga bisa memanfaatkan iklan. Yang terpenting, brand perlu memahami bahwa tiap platform memiliki jenis audiens yang berbeda sehingga treatment yang diberikan pun tidak boleh sama. Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas lalu memilih channel media sosial mana yang tepat sesuai kebutuhan brand.

contoh platform digital marketing

3. Email 

Email marketing masih menjadi salah satu strategi yang diandalkan oleh banyak marketer agar brand tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan mereka melalui newsletter hingga penawaran khusus berdasarkan riwayat belanja. Email memang bisa menjadi platform yang sangat menguntungkan. 


Jika tertarik memanfaatkan platform ini, coba pahami dan kelompokkan para target audiens Anda dengan membuat email list. Pastikan Anda melakukan personalisasi pesan agar peluang diklik, dibaca, hingga konversi tinggi. Email open rate yang baik seharusnya berada di antara 17-28%, bergantung pada industri bisnis yang Anda jalankan. 


4. WhatsApp 

WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai mobile messenger app di dunia karena paling sering digunakan. Tidak heran jika banyak bisnis akhirnya turut memanfaatkan platform satu ini. WhatsApp bisa membantu brand untuk menjangkau target audiens, serta membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Fitur WhatsApp seperti "Greeting Message", "Quick Replies", hingga "Away Message" akan membantu bisnis untuk merespons pelanggan. Pemanfaatan WhatsApp yang tepat bisa membantu Anda memperoleh lebih banyak prospek dan meningkatkan pengalaman mereka lewat layanan konsumen otomatis. 


5. Marketing Automation 

Seperti tujuan platform yang lain, marketing automation juga sangat berguna untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Singkatnya, ini adalah software yang dapat melakukan tindakan pemasaran yang bersifat rutin. Penggunaan platform marketing automation akan membantu meningkatkan efisiensi, yakni mendorong produktivitas dan menekan angka kesalahan karena sifatnya yang "berjalan sendiri” sesuai aturan yang ditetapkan.


Baca juga: Memahami Marketing Automation


Tips Memanfaatkan Digital Marketing Platform

Sekarang Anda sudah mengetahui contoh digital marketing platform yang bisa sangat membantu bisnis. Anda bisa memanfaatkan beberapa di antaranya sekaligus lalu melakukan integrasi agar hasilnya maksimal.  Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu lalu lanjut dengan bereksperimen untuk menemukan platform yang paling cocok untuk bisnis Anda. Jika sudah, manfaatkan dengan optimal dan terapkan beberapa tips berikut:


1. Gunakan knowledge marketing 

Knowledge marketing adalah strategi di mana Anda memberikan informasi yang berguna kepada target audiens. Jika hal tersebut dipadukan dengan platform yang tepat serta mendukung, hasilnya nanti tentu bisa maksimal. Intinya, agar audiens tertarik, mau berinteraksi, bahkan setia dengan brand, maka pastikan bahwa Anda selalu bisa memberi value. 


2. Menjaga konsistensi

Memiliki banyak platform bukanlah jaminan sebuah bisnis pasti akan berhasil. Yang lebih tepat adalah mengetahui platform mana saja yang cocok untuk bisnis Anda dan konsisten memanfaatkan platform tersebut. Anda perlu membangun audiens, berinteraksi, hingga menjaga hubungan jangka panjang dengan mereka. Konsistensi adalah kunci untuk mencapai itu. 


3. Evaluasi rutin 

Dunia digital yang dinamis menuntut pemilik bisnis untuk  terus beradaptasi. Lakukan eksperimen dan evaluasi rutin untuk meningkatkan performa pemasaran Anda. Ini juga termasuk melakukan analisis terhadap cara kerja tiap platform yang Anda gunakan dan sejauh mana dampaknya untuk bisnis. 


Nah, itulah beberapa contoh digital marketing platform yang bisa Anda pertimbangkan untuk meningkatkan performa bisnis. Pemilihan dan penggunaan yang tepat pastinya bisa berpengaruh signifikan sehingga konversi meningkat. Jika Anda memerlukan rekan untuk meningkatkan daya saing Anda dalam dunia digital, Frontier Digital siap menjadi rekan terpercaya Anda. Kunjungi layanan Frontier Digital untuk informasi lebih lanjut.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer
By Frontier Digital 29 Nov, 2022
TikTok adalah social platform yang populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar. Tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik untuk memaksimalkan potensi cuan di platform ini, salah satunya dengan menjadi TikTok influencer.
More Posts
Share by: