5 Contoh Digital Marketing Platform Untuk Bisnis
Bisnis di era digital sangat bergantung pada teknologi modern dan internet. Menggunakan keduanya dengan maksimal akan sangat membantu proses perencanaan, eksekusi, hingga pemantauan yang lebih akurat sesuai tujuan bisnis. Misalnya, penggunaan website. Website adalah satu dari sekian digital marketing platform yang penting untuk pertumbuhan bisnis.
Sebagai digital marketing platform, website membantu bisnis untuk meningkatkan awareness, kredibilitas, hingga penjualan secara langsung. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini sudah banyak jenis platform yang tidak kalah potensial dan bisa Anda gunakan? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut telah kami buat rangkumannya untuk Anda.

Apa Itu Digital Marketing Platform?
Jika digital marketing adalah inisiatif pemasaran yang memanfaatkan perangkat online, maka digital marketing platform adalah solusi untuk mendukung hal tersebut. Digital marketing platform merupakan alat yang menyediakan kemampuan untuk mendukung berbagai fungsi dalam ranah marketing melalui internet.
Digital marketing platform memiliki banyak bentuk, tergantung pada model bisnis yang digunakan serta tujuan bisnis spesifik yang ingin dicapai. Selain website, contoh lain yang cukup populer adalah social media marketing platforms seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.
Beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan digital marketing platform adalah:
- Mempermudah perencanaan, pemantauan, hingga pengambilan keputusan karena mengacu pada data yang akurat
- Mempercepat akses untuk setiap pihak yang terlibat
- Efisiensi operasional kerja pemasaran bahkan bisnis secara keseluruhan
5 Contoh Digital Marketing Platform
Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing platform serta manfaatnya untuk bisnis, mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.
1. Website
Website adalah platform penting untuk bisnis. Tidak hanya Anda harus memiliki website, Anda juga perlu melakukan optimasi dengan menerapkan search engine optimization (SEO). Tujuannya adalah agar website mudah dipahami oleh bot Google sehingga naik peringkat di halaman hasil pencarian. SEO yang baik pada akhirnya juga akan meningkatkan user experience. Ketika diterapkan dengan maksimal, hasil yang akan Anda dapatkan adalah meningkatnya brand awareness, organic traffic, hingga konversi.
Gunakan checklist
berikut untuk mengoptimalkan website sebagai platform bisnis:
- Tinjau desain website, pastikan dapat merepresentasikan bisnis Anda
- Optimasi dengan SEO, mulai dari technical, on page, hingga off page
- Siapkan konten dan unggah secara konsisten
- Gunakan strategi remarketing
- Promosikan website secara berkala
Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Memerlukan Website
2. Social Media
Saat ini, siapa yang tidak bermain media sosial? Platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat modern. Data menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa menghabiskan 2 jam 22 menit di media sosial. Melihat angka tersebut, tidak heran jika 64% konsumen sepakat agar brand sebaiknya membangun koneksi dengan mereka lewat media sosial.
Social media platforms sangat mudah diakses dan digunakan. Pemilik bisnis atau marketer bisa mengunggah konten lalu berinteraksi langsung dengan target audiens mereka. Untuk memperluas jangkauan atau menarget pasar yang spesifik, brand juga bisa memanfaatkan iklan. Yang terpenting, brand perlu memahami bahwa tiap platform memiliki jenis audiens yang berbeda sehingga
treatment yang diberikan pun tidak boleh sama. Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas lalu memilih
channel media sosial mana yang tepat sesuai kebutuhan brand.

3. Email
Email marketing masih menjadi salah satu strategi yang diandalkan oleh banyak marketer agar brand tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan mereka melalui newsletter hingga penawaran khusus berdasarkan riwayat belanja. Email memang bisa menjadi platform yang sangat menguntungkan.
Jika tertarik memanfaatkan platform ini, coba pahami dan kelompokkan para target audiens Anda dengan membuat
email list. Pastikan Anda melakukan personalisasi pesan agar peluang diklik, dibaca, hingga konversi tinggi.
Email open rate yang baik seharusnya berada di antara 17-28%, bergantung pada industri bisnis yang Anda jalankan.
4. WhatsApp
WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai mobile messenger app di dunia karena paling sering digunakan. Tidak heran jika banyak bisnis akhirnya turut memanfaatkan platform satu ini. WhatsApp bisa membantu brand untuk menjangkau target audiens, serta membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Fitur WhatsApp seperti "Greeting Message", "Quick Replies", hingga "Away Message" akan membantu bisnis untuk merespons pelanggan. Pemanfaatan WhatsApp yang tepat bisa membantu Anda memperoleh lebih banyak prospek dan meningkatkan pengalaman mereka lewat layanan konsumen otomatis.
5. Marketing Automation
Seperti tujuan platform yang lain, marketing automation juga sangat berguna untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Singkatnya, ini adalah software yang dapat melakukan tindakan pemasaran yang bersifat rutin. Penggunaan platform marketing automation akan membantu meningkatkan efisiensi, yakni mendorong produktivitas dan menekan angka kesalahan karena sifatnya yang "berjalan sendiri” sesuai aturan yang ditetapkan.
Baca juga: Memahami Marketing Automation
Tips Memanfaatkan Digital Marketing Platform
Sekarang Anda sudah mengetahui contoh digital marketing platform yang bisa sangat membantu bisnis. Anda bisa memanfaatkan beberapa di antaranya sekaligus lalu melakukan integrasi agar hasilnya maksimal. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu lalu lanjut dengan bereksperimen untuk menemukan platform yang paling cocok untuk bisnis Anda. Jika sudah, manfaatkan dengan optimal dan terapkan beberapa tips berikut:
1. Gunakan knowledge marketing
Knowledge marketing adalah strategi di mana Anda memberikan informasi yang berguna kepada target audiens. Jika hal tersebut dipadukan dengan platform yang tepat serta mendukung, hasilnya nanti tentu bisa maksimal. Intinya, agar audiens tertarik, mau berinteraksi, bahkan setia dengan brand, maka pastikan bahwa Anda selalu bisa memberi value.
2. Menjaga konsistensi
Memiliki banyak platform bukanlah jaminan sebuah bisnis pasti akan berhasil. Yang lebih tepat adalah mengetahui platform mana saja yang cocok untuk bisnis Anda dan konsisten memanfaatkan platform tersebut. Anda perlu membangun audiens, berinteraksi, hingga menjaga hubungan jangka panjang dengan mereka. Konsistensi adalah kunci untuk mencapai itu.
3. Evaluasi rutin
Dunia digital yang dinamis menuntut pemilik bisnis untuk terus beradaptasi. Lakukan eksperimen dan evaluasi rutin untuk meningkatkan performa pemasaran Anda. Ini juga termasuk melakukan analisis terhadap cara kerja tiap platform yang Anda gunakan dan sejauh mana dampaknya untuk bisnis.
Nah, itulah beberapa contoh digital marketing platform yang bisa Anda pertimbangkan untuk meningkatkan performa bisnis. Pemilihan dan penggunaan yang tepat pastinya bisa berpengaruh signifikan sehingga konversi meningkat. Jika Anda memerlukan rekan untuk meningkatkan daya saing Anda dalam dunia digital, Frontier Digital siap menjadi rekan terpercaya Anda. Kunjungi
layanan Frontier Digital
untuk informasi lebih lanjut.
