10 Strategi Marketing Low Budget Untuk Usaha Kecil
Usaha kecil sering kali bergantung pada budget marketing yang terbatas dan memerlukan strategi marketing yang low budget namun tetap efektif. Itu mengapa terkadang kegiatan promosi atau mengembangkan bisnis bisa jadi tantangan tersendiri. Untungnya, sekarang sudah ada internet yang makin murah dan mudah diakses. Internet memang medium yang bermanfaat untuk membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk untuk menemukan konsumen baru.
Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti setuju untuk terus memaksimalkan berbagai cara agar usaha berkembang bukan? Dalam artikel ini, kami telah merangkum berbagai strategi marketing
low budget untuk usaha kecil yang mudah diaplikasikan.

Sumber: Freepik
Strategi Marketing Low Budget
1. Buat Google My Business
Google memiliki banyak pengguna, bahkan termasuk menjadi situs yang paling sering dibuka. Itulah mengapa membuat atau melengkapi profil Google My Business adalah cara yang tepat untuk mempromosikan bisnis melalui Google Search dan Maps. Profil ini akan memudahkan audiens menemukan dan meyakinkan mereka tentang keberadaan bisnis Anda. Mencantumkan informasi yang lengkap akan membantu Anda meningkatkan performa local SEO Anda.
2. Merespon Online Review
Banyak konsumen mencari informasi online sebelum akhirnya membeli suatu produk. Review berisi pengalaman konsumen, sesuatu yang akan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk dan layanan Anda. Di sinilah pentingnya memperhatikan review atau feedback dari customer Anda. Dengan menanggapi review online, Anda tidak hanya menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memberikan layanan yang baik, tetapi Anda bisa menginformasikan secara luas bagaimana bisnis Anda melayani konsumen.
3. Promosi di Media Sosial
Saat ini ada lebih dari tiga miliar pengguna aktif media sosial. Membangun komunitas online dan berinteraksi dengan orang-orang di dalamnya tentu akan sangat menguntungkan. Anda bisa meningkatkan awareness, membangun brand personality, sekaligus meningkatkan trust audiens terhadap brand. Strategi media sosial yang baik juga akan membantu Anda menemukan calon konsumen yang tepat dan menghasilkan penjualan.
Beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
- Membuat survey sederhana untuk mendapatkan feedback dan berinteraksi dengan audiens.
- Mempromosikan konten blog Anda dan mengarahkan mereka ke website.
- Buat konten yang relevan, informatif, dan lebih mudah dicerna.
4. Membuat Blog
Bisnis bisa menggunakan blog untuk mendapatkan traffic ke website, termasuk untuk meningkatkan upaya SEO keseluruhan. Ini adalah cara yang sepenuhnya gratis untuk mempromosikan bisnis secara online, yakni melalui konten yang berharga untuk audiens. Agar maksimal, coba temukan konten yang cocok dan relevan dengan melakukan riset keyword yang mendalam. Tujuannya tentu agar audiens lebih mudah menemukan konten Anda. Cara lainnya bisa dengan memeriksa pencarian yang muncul di laporan Google Analytics Anda. Selain membuat konten baru yang berkualitas, Anda juga bisa melakukan recycle content dengan memanfaatkan materi yang sudah ada.
5.Optimasi SEO
Anda bisa memanfaatkan tool gratis seperti Semrush untuk menganalisis performa SEO, mengetahui apa yang sebaiknya diperbaiki sehingga membantu meningkatkan ranking di halaman hasil pencarian. Melalui tool yang sama, Anda juga bisa melakukan riset kompetitor dan menemukan taktik yang tepat untuk memenangkan persaingan. SEO yang maksimal akan meningkatkan visibilitas online, menambah traffic organik, dan bahkan menghasilkan konversi.
Dengan tool seperti Semrush, Anda cukup memasukkan URL untuk mendapatkan analisis SEO:

Sumber: Neilpatel, Semrush
6. Local SEO
Bagian terbaik tentang algoritma Google adalah ia dirancang untuk menyajikan konten yang paling akurat, berkualitas tinggi, dan relevan untuk setiap kueri penelusuran tertentu. Ini adalah kesempatan di mana Anda bisa menyamakan kedudukan dan kecil untuk bersaing dengan pesaing besar. Mengembangkan SEO lokal tentu membutuhkan waktu, namun tentu akan berdampak baik dalam jangka panjang.
Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan SEO lokal:
- Tambahkan kata kunci berbasis lokasi ke judul, heading, dan konten isi halaman situs web utama Anda.
- Pastikan informasi bisnis lengkap dan konsisten di seluruh platform.
- Publikasikan halaman atau postingan blog yang relevan dengan brand.
Baca juga:
10 Tips Estimasi Local SEO Untuk Bisnis
7. Memaksimalkan Email Marketing
Email adalah salah satu medium bisnis yang layak dipertimbangkan. Melalui email, Anda bisa membuat konten yang lebih personal sehingga bisa menyasar target dengan tepat. Anda juga bisa mendapatkan data untuk mengoptimalkan bisnis dengan mengumpulkan feedback dan survey pelanggan melalui email.
Pastikan Anda melakukan ini:
- Buat copy yang kreatif ke dalam subjek email.
- Pastikan setiap email memiliki penawaran yang mendorong pembaca untuk mengambil langkah selanjutnya.
- Rutin melakukan A/B testing untuk melihat penawaran apa yang sesuai dengan target audiens.
- Pastikan ada opsi berlangganan email di situs Anda.
Baca juga:
7 Tips Membuat Email Marketing Yang Persuasif
8. Bergabung di Forum Online
Facebook group mungkin masih sering disepelekan. Padahal, medium tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness sampai menemukan konsumen baru. Bayangkan jika Anda bergabung dengan suatu grup dengan jumlah anggota 1K-10K atau bahkan lebih, sebuah kesempatan untuk mempromosikan bisnis. Triknya, Anda harus lebih fokus membagikan konten yang berkualitas dan bermanfaat agar tidak dikategorikan sebagai spamming.
Selain Facebook ada beberapa forum online lain yang bisa Anda manfaat juga. Berpartisipasi dan berinteraksi di lingkungan komunitas yang besar akan membantu bisnis lebih dikenal, membantu Anda membangun reputasi sehingga dipercaya audiens.
9. Membuat Program Afiliasi
Affiliate marketing mengacu pada penggunaan afiliasi untuk membantu proses menawarkan produk ke target market. Program ini tidak memerlukan modal yang besar atau bahkan nol. Cara ini juga terbukti membantu mendapatkan ROI yang tinggi. Salah satu alasan utama untuk ini adalah karena target audiens Anda memilih percaya dan yakin dengan produk yang dipromosikan oleh afiliasi.
10. Aktif Live Videos
Salah satu faktor terpenting dalam akuisisi pelanggan adalah trust. Live videos adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara real time, membantu brand membangun trust. Membuat video langsung membutuhkan sedikit biaya dan brand lebih mungkin menjangkau banyak audiens dalam waktu singkat. Audiens tersebut adalah pelanggan potensial yang bisa membantu meningkatkan pendapatan Anda.
Nah, itulah berbagai strategi marketing low budget yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Fokus pada praktik yang strategis dan mudah dilakukan. Usaha kecil dapat memanfaatkan banyak tool gratis untuk berkolaborasi dan bersaing.
