Blog Layout

7 Tips Membuat Email Marketing Yang Persuasif

Frontier Digital • Mar 15, 2022

Pengguna email di seluruh dunia saat ini telah mencapai sekitar 4 triliun. Angka ini menunjukkan peluang bagaimana email bisa menjadi sarana komunikasi yang layak dipertimbangkan. Selain untuk kebutuhan personal, email juga dapat diandalkan oleh brand untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui email marketing. 53% marketer pun sepakat bahwa email marketing telah menjadi saluran paling efektif untuk menghasilkan prospek tahap awal.


Mengirim email tidak lagi menjadi kegiatan yang sia-sia ketika brand mampu mengajak pelanggan untuk lebih terlibat (engage) dan pada akhirnya dapat meningkatkan pengalaman mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan isi pesan yang memikat dan meyakinkan mereka pelan-pelan untuk melakukan apa yang menjadi tujuan brand. Brand perlu berkomunikasi dengan metode persuasif.

Sumber: Freepik

Pertanyaan Penting 

Sebelum mulai menulis, ada beberapa hal dasar yang harus Anda pikirkan terlebih dulu. Menjawab tiga pertanyaan berikut akan memudahkan proses membuat email copy kedepannya. 


Apa tujuan Anda? 

Mengirim email marketing tanpa objektif yang jelas tentu membuang-buang waktu karena lebih berpeluang diabaikan. Isi yang general dan terkesan template akan memberikan impresi yang buruk kepada pembaca. Inilah mengapa penting untuk menentukan apa tujuan Anda mengirim email agar bisa menyesuaikan cara berkomunikasinya. Beberapa tipe email marketing berdasarkan tujuan: 


  • Menyambut pelanggan baru 

Ini adalah langkah awal untuk lebih mengenalkan brand kepada pelanggan baru.

 

  • Meningkatkan keterlibatan

Ajakan mencoba produk baru atau konten promosi adalah contoh untuk tujuan ini.


  • Menjaga hubungan/retensi pelanggan

Email marketing juga berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada agar tetap setia dengan brand.

 

  • Menjangkau pelanggan non-aktif

Jika ada pelanggan yang "menghilang", brand bisa coba menghubungi mereka kembali melalui email.


Siapa audiens Anda? 

Agar komunikasi berjalan efektif, metode yang perlu dilakukan adalah berbicara dengan cara yang target kita sukai dan pahami. Inilah mengapa penting untuk mengetahui siapa audiens brand serta bagaimana posisi mereka, apakah sangat loyal, masih ragu-ragu, atau lainnya. Memahami audiens juga akan membantu Anda mengetahui apa masalah mereka sehingga brand bisa memberikan solusi dengan tepat. 


Baca juga:
Customer Lifetime Value dan Cara Mengukurnya


Mengapa mereka harus peduli?

Email marketing kerap dikirim tanpa menjelaskan alasan mengapa pembaca harus peduli untuk melakukan sesuatu sesuai arahan brand. Pada bagian ini, brand perlu melihat dari sudut pandang pembaca. Apa yang membuat mereka membuka email lalu melakukan tindakan tertentu setelah membaca email? Mengetahui tujuan dan memahami audiens perlu dilengkapi dengan personalisasi agar email berkesan bagi pembaca.


Menulis Email yang Persuasif 

Setelah menjawab pertanyaan yang esensial di awal, saatnya melanjutkan untuk mulai menulis email marketing. Teknik persuasif adalah pendekatan untuk membujuk dan meyakinkan pembaca agar mereka mau melakukan tindakan sesuai arahan brand. Email marketing yang persuasif memang dinilai lebih efektif. Namun, Anda tetap perlu trik agar dapat mengaplikasikan metode ini dengan maksimal. 


1. Tambahkan ulasan agar lebih meyakinkan 

91% orang membaca review secara online sebelum benar-benar melakukan pembelian. Ini menunjukkan bagaimana orang memiliki kecenderungan untuk mengambil keputusan berdasarkan pilihan kebanyakan orang. Dengan konsep yang sama, Anda bisa menggunakan tips ini untuk lebih meyakinkan target audiens melalui email. Tambahkan ulasan dari pelanggan dengan profil yang berpengaruh. Anda juga bisa menyebutkan jumlah orang yang sudah membeli atau berlangganan untuk membuat mereka semakin tertarik dengan bisnis Anda. 


2. Masukkan alasan yang spesifik 

Beri pembaca alasan mengapa harus melakukan free trial, mencoba produk baru, atau lainnya. Menambahkan elemen ini akan meningkatkan peluang permintaan Anda benar-benar dilakukan. Hindari penggunaan kalimat klise atau bahkan tidak masuk akal hanya untuk memasukkan unsur alasan. Manfaatkan data pelanggan dan susun kalimat yang tepat untuk meyakinkan pembaca bahwa mereka sebaiknya melakukan tindakan sesuai arahan Anda. 


3. Pastikan dapat memberi solusi 

40% konsumen mengatakan mereka memiliki setidaknya 50 email yang belum dibaca di kotak masuk mereka. Mengetahui data tersebut, Anda perlu strategi lain untuk merayu konsumen. Selain subjek yang menarik untuk mendapatkan klik, coba langsung menunjuk masalah dan yakinkan dengan solusi. Anda bisa membuat kesimpulan di awal, jadi copy dibuat terbalik. Terkadang, pelanggan sudah mengetahui apa masalah mereka, namun tetap tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Pastikan Anda menyelesaikan masalah mereka. 


4. Bertanya kepada audiens

Tunjukkan bahwa Anda sedang mengajak mereka untuk terlibat dalam percakapan dengan memasukkan pertanyaan. Menyelipkan pertanyaan yang variatif namun relevan akan membantu proses komunikasi seakan lebih interaktif sehingga tidak membosankan, serta berpeluang meningkatkan interaksi yang pada akhirnya dapat mendorong pembaca untuk melakukan tindakan sesuai arahan brand. 

 

5. Buat signature email 

Jangan menyepelekan bagian ini. Signature email adalah cara yang tepat untuk lebih meyakinkan pembaca bahwa mereka sedang tidak berbicara dengan robot. Anda bisa menambahkan deskripsi identitas yang lebih menarik. Intinya, untuk mengingatkan pembaca bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan orang yang tepat dan bukan penipuan atau semacamnya. Signature email memiliki peran penting untuk memudahkan pembaca menghubungi bisnis. 


6. Jangan memaksa pembaca 

Tujuan brand adalah untuk membuat pembaca melakukan tindakan sesuai arahan brand. Namun, belum tentu mereka akan bertindak seperti yang diharapkan. Anda harus tetap berhati-hati. Jangan menggunakan kalimat yang terkesan memaksa sehingga tidak nyaman dan dianggap mengganggu oleh pembaca. Ingatkan ulang bahwa pembaca bisa memilih berdasarkan keputusan mereka sendiri. 


7. Coba menjadi lebih lucu 

Meningkatkan mood pembaca bisa memudahkan Anda untuk mengarahkan mereka melakukan tindakan tertentu. Membuat pembaca tertawa dengan 1-2 jokes  yang diselipkan ke dalam email membantu brand lebih dekat dengan pelanggan. Selain tambahan kalimat, Anda bisa menambahkan gambar atau GIF yang lucu. 


Baca juga:
Content Marketing, Definisi, Manfaat dan Cara Melakukannya


Demikianlah tips dan langkah-langkah untuk menulis email marketing yang lebih persuasif. Menemukan metode efektif dan menjaga hubungan dengan pelanggan tentu sangatlah penting bagi bisnis. Kampanye email marketing yang sukses tidak hanya akan menghasilkan konversi, namun juga akan memperoleh pelanggan yang bisa terus setia dengan brand.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: