Blog Layout

Optimalkan Strategi, Ini 10 Tren Digital Marketing 2022

Frontier Digital • Feb 24, 2022

Di tahun 2022, pegiat digital marketing pasti tertarik untuk tahu lebih banyak soal tren digital marketing 2022. Bagaimana tidak, informasi tersebut akan sangat berguna untuk proses evaluasi dan perencanaan yang lebih matang kedepannya. Integrasi, testing, dan optimasi memang harus terus dimaksimalkan agar praktik digital berdampak signifikan pada bisnis.


Evaluasi Digital Marketing 2021


Untuk setiap strategi yang diterapkan oleh sebuah bisnis, tentu penting untuk melakukan peninjauan atau proses evaluasi. Dari situ, Anda bisa mengidentifikasi kekurangan serta melakukan perbaikan melalui inovasi. Pembaruan dan tren dalam aktivitas digital marketing banyak didorong oleh inovasi teknologi.


Dikutip dari SmartInsights, berikut ini adalah siklus tren pemasaran digital selama 2021.

Meninjau siklus tersebut, beberapa hal sangat penting untuk dicatat dan dikembangkan oleh digital marketer di tahun 2022 dapat dikelompokkan menjadi:


  • Multichannel Marketing Hubs
  • Conversational marketing
  • Personalization engine
  • Artificial Intelligence and Machine Learning
  • Consumer privacy and consent


Nah, supaya strategi Anda lebih optimal, mari simak detailnya di bawah ini.


1. Artificial Intelligence (AI)


Kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi yang sebenarnya sudah banyak digunakan dalam praktik digital marketing. AI berguna untuk mempelajari, menganalisis, hingga memberikan kesimpulan berdasarkan data yang ada. Keunggulan AI memang luar biasa dan menguntungkan. Mesin rekomendasi Netflix yang memanfaatkan AI nyatanya dapat bernilai $1 miliar per tahun. Tidak heran jika akhirnya 71% marketer setuju bahwa AI dapat berguna untuk proses personalisasi. Di masa mendatang, teknologi pintar ini diperkirakan akan makin banyak diaplikasikan dan mudah diakses. Contoh tool AI untuk optimasi digital marketing adalah Hubspot dan Google Cloud AI.


Baca juga: Memahami Apa Itu Marketing Automation


2. Chatbots


Obrolan otomatis yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait produk atau layanan tentu makin disukai. Pada tahun 2020, chatbots merespons hingga 85% interaksi layanan pelanggan. Keunggulan fitur ini adalah komunikasi instan tanpa batasan waktu, serta cara kerjanya yang menyimpan informasi sehingga memudahkan marketer menganalisis kebutuhan pelanggan. Hal tersebut akan mengoptimalkan layanan pelanggan sehingga kepuasan dan loyalitas pun meningkat.

Sumber: Hubspot

3. Mobile Marketing


Smartphone sudah semakin canggih. Ibarat langsung melalui satu pintu, penggunaannya untuk berbagai kegiatan pun lebih praktis. Terlebih sejak merebaknya Covid-19 yang menyebabkan perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih berorientasi pada mobile phone. Penggunaan smartphone akhirnya terus meningkat, dilihat dari meningkatnya pengunduhan aplikasi hingga aktivitas online menggunakan mobile phone. Selain itu, situs bisnis Anda juga lebih mudah ditemukan jika mobile-friendly. Atas dasar itulah, tren satu ini dinilai akan terus populer di tahun mendatang.


4. Ad Optimization Testing


Penelitian menunjukkan hanya 9% marketer yang dapat memperkirakan secara akurat dampak dari perubahan 10% dalam pengeluaran pemasaran. Padahal optimasi iklan kerap menjadi bagian penting dalam strategi digital marketing, termasuk di dalamnya untuk mengetahui soal customer journey yang kompleks serta penempatan iklan yang tepat agar menjangkau audiens dengan maksimal. Melihat proses optimasi yang kian diminati, maka jangan heran jika nantinya tool untuk testing iklan juga semakin canggih sehingga mampu menunjukkan data yang lebih akurat.


5. Visual Search


Tampilan visual biasanya lebih mudah diingat. Hubspot menemukan bahwa rata-rata orang memiliki kemampuan untuk mengingat 65% konten visual yang mereka lihat sampai hampir tiga hari kemudian. Angka tersebut adalah potensi besar untuk terus berkembangnya pencarian visual. Teknologi kecerdasan buatan  memungkinkan pengguna melakukan pencarian internet menggunakan gambar, ketimbang keyword khusus. Cara ini diharapkan bisa berdampak besar pada ecommerce marketing karena  akan mengubah cara pelanggan berbelanja, serta untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.


6. Video marketing


Konten video semakin diminati karena dinilai lebih mudah dicerna, serta lebih berkesan di benak audiens. Tidak terbatas pada lingkup entertainment saja, konten video dari brand juga banyak diharapkan audiens. Apalagi dengan hadirnya aplikasi atau fitur yang mendukung format video berdurasi pendek seperti TikTok dan Reels. Ramainya orang yang tertarik untuk mengonsumsi konten pendek (snackable-content) akan menambah popularitas video marketing di tahun depan.

Sumber: Oberlo

7. Podcast


Podcast adalah medium yang tergolong baru namun terus menunjukkan ketenarannya. Menurut Forbes, ada 125 juta yang diprediksi akan mendengarkan podcast per bulannya di tahun 2022. Keunggulan podcast terletak pada kemudahan mengaksesnya. Siapa pun bisa mendengarkan konten audio sambil melakukan kegiatan lain. Cara ini pula yang membantu pendengar untuk menyerap informasi atau mendapatkan hiburan di saat bersamaan. Medium ini sangat besar potensinya untuk menaikkan brand awareness dan membangun basis audiens yang tepat.


8. Alternatif Third-party Cookies


Brand terbiasa melacak pengunjung website untuk mengumpulkan data yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, bagaimana brand menggunakan cookie dan Google-ad tracking bisa berubah melalui upaya Google untuk menghapus third-party cookies yang dilakukan bertahap di tahun 2022. Ini brand tidak boleh bergantung pada third-party cookies. Pencarian dan pengumpulan data akhirnya perlu perhatian lebih karena tantangannya sudah berbeda.


9. Personalized Email Marketing


Pendekatan yang lebih halus tentu akan lebih memudahkan bisnis untuk menjalin hubungan dengan audiens. Ini juga berlaku dalam strategi email marketing kedepannya. Informasi produk ataupun skema penawaran melalui email juga harus mempertimbangkan aspek ini. Ketahui target Anda, gunakan data yang ada untuk menciptakan materi yang telah disesuaikan dengan gaya berkomunikasi dan kebutuhan mereka. Menurut SmarterHQ, 72% konsumen mengatakan bahwa mereka sekarang hanya engage dengan pesan marketing yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan minat mereka.


10. Micro-influencer


Influencer sangat bernilai karena memiliki pengikut yang besar. Memanfaatkan itu saja, akan lebih mudah bagi brand untuk menjangkau lebih banyak audiens sehingga meningkatkan brand awareness. Namun, dengan lebih fokus pada ROI, campaign sering kali dibuat untuk target yang spesifik. Di sinilah esensi dari micro-influencer. Influencer marketing dinilai akan terus berkembang dan menjadi lebih spesifik sesuai area masing-masing. Area ini bisa dipetakan menjadi social influencer, content creator, brand and publications, dan lainnya. Authenticity, engagement, dan niche-market adalah faktor penting untuk menilai sejauh mana hubungan influencer dengan audiens, serta bagaimana kapasitasnya untuk “mempengaruhi” audiens.


Baca juga: Seberapa Besar Peran Social Media Influencer Dalam Bisnis?


Nah, itulah 10 tren digital marketing 2022 yang penting untuk Anda ketahui. Walau dalam praktiknya akan ada banyak faktor lain, informasi ini bisa Anda jadikan acuan dasar untuk menyusun strategi digital marketing kedepannya. Mendefinisikan strategi dengan baik akan mempermudah proses implementasinya nanti. Selamat mencoba!


3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: