Blog Layout

7 Langkah Mudah Membuat Social Media Strategy

Frontier Digital • Feb 03, 2022

Social media adalah tool yang menjanjikan untuk bisnis, mengingat semakin tingginya pengguna platform ini. Di tahun 2021, data menyebutkan setidaknya terdapat 3.78 triliun user di seluruh dunia. Angka ini naik lima persen dari tahun lalu. Media sosial pun akhirnya dikenal sebagai "pintu cepat" bagi audiens untuk mengetahui dan mengontak sebuah bisnis. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana memaksimalkan media sosial untuk bisnis?

Jawabannya tentu harus dengan strategi media sosial atau social media strategy.

Sumber: Freepik

Social Media Strategy


Strategi media sosial adalah rangkuman dari berbagai rencana yang akan dilakukan dan goal yang ingin dicapai di media sosial. Upaya ini akan memandu bisnis mengembangkan basis audiens melalui konten dan interaksi di berbagai platform yang digunakan. Semakin spesifik, action-able, dan terukur strategi Anda, maka tentu akan semakin baik.


Ketika membuat strategi media sosial, pastikan bahwa apa yang ingin Anda capai akan melengkapi dan bukan berseberangan dengan tujuan besar dari strategi digital marketing bisnis Anda. Jangan lupa sertakan pula pembagian peran dan tanggung jawab yang jelas kepada tim, termasuk kewajiban untuk melacak progres dan membuat laporan yang berguna untuk proses evaluasi nantinya.


Membuat
Social Media Strategy


Hal-hal dasar yang harus Anda jawab ketika membuat strategi media sosial adalah "why" dan "what" yang berkaitan dengan tujuan maupun tantangan bisnis, lalu "who" atau segmen audiens yang dituju, dan terakhir adalah "how" yang menjelaskan rencana dan proses eksekusi. Lebih detailnya, coba terapkan 7 langkah mudah berikut ini dan tingkatkan performa social media bisnis Anda.


1. Tentukan goals

Langkah pertama dalam membuat strategi adalah menentukan apa yang ingin Anda capai. Tujuan yang jelas akan memudahkan Anda membuat langkah-langkah yang tepat, termasuk bagaimana mengukur keberhasilannya nanti. Tujuan di sini biasanya terbagi menjadi dua:


Primary goals
: tujuan ini mendeskripsikan prioritas utama dalam strategi besar Anda seperti meningkatkan brand awareness dan mendapatkan 50 leads.


Secondary goals
: tujuan ini menunjukkan objektif dan penilaian sebagai kelanjutan dari goal utama. Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness, brand harus rutin posting setiap hari.


Penting diingat bahwa setiap goal harus dibuat dengan S.M.A.R.T (
specific, measurable, attainable, relevant, attainable, relevant, dan time-bound). Anda bisa menengok kembali hasil evaluasi strategi sebelumnya, kenali bagian mana yang harus diperbaiki atau bahkan diganti. Pahami tantangan apa saja yang bisnis Anda hadapi dan temukan tujuan yang tepat untuk mengatasinya.


Jadi, Anda perlu memiliki goal besar yang harus di-
breakdown menjadi berbagai objektif sehingga bisa dieksekusi dan disertai tenggat waktu yang jelas. Gunakan key performance indicator (KPI) untuk memantau dan menilai progresnya. Contoh social media KPI adalah audience growth, reach, engagement, dan lead generation.


2. Kenali audiens

Mengetahui seperti apa audiens yang Anda tuju dan apa kesukaan mereka akan memudahkan proses komunikasi bisnis di media sosial. Jika bingung harus memulai dari mana, maka coba identifikasi pelanggan berharga Anda terlebih dahulu. Mereka adalah orang-orang yang sudah pasti tertarik dengan bisnis Anda. Meningkatkan hubungan dengan mereka adalah langkah yang penting untuk menumbuhkan loyalitas. Berikutnya, Anda bisa mulai mempertimbangkan dan menentukan audiens media sosial yang potensial untuk bisnis.


Data-data penting yang perlu Anda ketahui mengenai audiens adalah:


  • Usia
  • Lokasi
  • Rata-rata pendapatan
  • Tingkat pendidikan
  • Pekerjaan, dll.


Hindari asumsi, gunakan berbagai
tools untuk mengumpulkan data dan melakukan analisis sehingga audience persona yang Anda buat tergolong akurat. Dengan begitu, tidak akan sulit untuk engage dengan mereka.


3. Riset kompetitor

Bagaimana kompetitor menggunakan media sosial adalah informasi penting untuk membuat social media strategy yang lebih baik. Anda bisa belajar dari apa yang berhasil dan tidak berhasil dari kompetitor. Langkah ini pun akhirnya dapat membantu Anda untuk menemukan celah atau peluang supaya bisnis Anda “menang”. Misalnya, kompetitor menggunakan semua jenis media sosial tapi tidak konsisten dan terintegrasi. Anda mungkin bisa memilih fokus di Facebook dan Instagram saja, lalu mengembangkan konten dan interaksi dengan lebih konsisten agar basis audiensnya kuat.


Baca juga: Lima Langkah Memaksimalkan Social Media Dalam Inbound Marketing


4. Pilih channel

Langkah keempat adalah memilih channel yang cocok dengan bisnis Anda. Memilih platform akan dilengkapi dengan strategi yang lebih spesifik nantinya, mengingat masing-masing media sosial perlu di-manage dengan cara yang berbeda. Ini sangat berkaitan dengan jenis dan format konten nantinya.


Coba identifikasi dua jenis channel:


a. Primary channels

Media sosial yang Anda pilih sebagai primary channel akan menjadi fokus online presence bisnis, tempat untuk melakukan kampanye organik maupun berbayar. Brand bisa memiliki 2-3 channel sebagai prioritas. Contoh primary social media untuk bisnis adalah Facebook, Instagram, dan LinkedIn


b. Secondary channels 

Channel sekunder akan jadi pendukung visibilitas brand karena tipe audiens yang bisa sangat beragam. Platform yang Anda pilih adalah yang potensial untuk masa depan pertumbuhan bisnis. Contoh secondary social media adalah TikTok dan YouTube karena melihat tren video yang terus meningkat.


5. Buat konsep konten

Di zaman sekarang, audiens sudah cukup pintar untuk menilai konten. Jika Anda ingin benar-benar menghasilkan interaksi, buatlah perencanaan konten yang matang dan telah disesuaikan dengan audiens maupun channel yang digunakan. Konten yang menarik akan memberi kesan dan pengalaman berharga untuk audiens.

Sumber: wearesculpt

Dalam membuat konten, coba perhatikan 3 komponen dasar berikut:


  1. Tujuan konten (content purpose)
  2. Tema konten (content pillar)
  3. Konten pelengkap (sub-topic content)


Pada tahap ini, Anda juga akan membuat
posting schedule atau social media content calendar. Jangan lupa jadwalkan untuk melakukan kurasi konten.


6. Rencanakan optimasi konten

Ketika bisnis memasuki media sosial, prosesnya tidak berhenti di mengunggah konten. Perlu rencana optimasi yang matang agar pemanfaatan media sosial berjalan maksimal. Anda bisa menggunakan:


a. Paid advertising 

Iklan berbayar adalah cara yang cepat untuk menemukan dan membangun audiens bisnis. Iklan akan membantu brand menjangkau lebih banyak user. Ketahui bagaimana posisi brand untuk menentukan objektif yang tepat sehingga eksekusinya bisa berjalan sesuai harapan.


Awareness & Acquisition
: fokus mengenalkan bisnis dan menemukan prospek.

Retention & Advocacy: fokus membina hubungan lebih baik dengan pelanggan yang sudah ada.


b. Influencer 

Tentukan kategori influencer yang sesuai dengan produk atau layanan Anda. Melalui influencer yang tepat, Anda bisa mengumpulkan audiens yang tepat pula dalam waktu singkat. Brand juga akan mudah diterima jika dipromosikan oleh influencer yang terpercaya.


7. Finalisasi dan Evaluasi

Pada bagian akhir ini, saatnya melakukan finalisasi. Pilih orang-orang yang akan bertanggung jawab memegang peran-peran dalam strategi yang telah dibuat. Buat daftar tugas yang jelas sehingga setiap tahapan nantinya berjalan maksimal. Jangan lupa jadwalkan sesi evaluasi yang melibatkan seluruh tim untuk memantau progres dan mengukur hasil.


Nah, itulah langkah-langkah mudah membuat strategi media sosial. Pada akhirnya, setiap strategi pasti membutuhkan sesi uji coba sampai akhirnya menemukan formula yang tepat. Apalagi dengan karakteristik media sosial dan market yang juga cepat berubah.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: