Blog Layout

7 Cara Melakukan Repurpose Content

Frontier Digital • May 12, 2022

Content is king. Sebutan itu tidak muncul begitu saja. Konten sangat penting bagi bisnis karena meningkatkan visibilitas, konversi, hingga loyalitas pelanggan. Aktivitas content marketing sendiri tercatat meningkat dari 70% menjadi 82% di tahun 2021. Produksi konten merupakan hal yang esensial untuk pemasaran. Namun, apakah harus memproduksi konten baru secara terus-menerus? Di sinilah repurpose content akan sangat membantu.


Anda dapat memanfaatkan konten-konten terbaik Anda sebelumnya untuk dimuat ulang dengan tambahan atau penyegaran. Mari pahami lebih lanjut tentang apa itu
repurpose content, manfaatnya, serta cara menemukan konten dan melakukan repurpose dengan tepat untuk disajikan ulang kepada audiens. 

content is king

Mengenal Content Repurposing 

Traffic yang stagnan bisa terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya adalah kualitas konten, kinerja SEO, hingga perilaku audiens dalam mengonsumsi konten yang dinamis seiring waktu. Anda tentu bisa melihat betapa konten memiliki peran penting. Tanpa harus benar-benar membuat konten baru dari awal, Anda bisa melakukan evaluasi dan content repurposing


Repurpose content
adalah kegiatan mengelola ulang konten yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam prosesnya, Anda bisa melakukan sedikit atau banyak revisi agar makin sesuai dengan tujuan baru, serta makin relevan dengan audiens yang dituju. Cara ini juga biasa disebut recycling content yang tentu saja lebih menghemat waktu ketimbang membuat konten dari nol. 



Manfaat Repurpose Content 

Metode ini tidak akan banyak digunakan jika tidak membawa keuntungan dan kemudahan. Berikut adalah manfaat dari melakukan pengelolaan ulang konten: 


Menjangkau audiens baru
 

Ketika konten pertama kali dipublikasikan, Anda mendapatkan traffic rata-rata pada umumnya. Namun, bagaimana dengan melakukan repurpose dan reformat? Suatu kelompok audiens menyukai podcast ketimbang ebook. Kelompok audiens lain menyukai infografik ketimbang blog post. Konten yang sama bisa menarik perhatian segmen audiens yang menyukai format baru tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan organic traffic dengan biaya yang lebih minim. 


Memperkuat pesan
 

Pengulangan adalah langkah penting dalam marketing agar bisnis diingat dan melekat di benak audiens. Metode ini bisa dikomunikasikan dengan lebih kreatif melalui content repurposing. Agar tidak dilupakan sekaligus makin meyakinkan audiens, mengelola ulang konten yang berkualitas menjadi esensial. Temukan berbagai cara unik lain untuk memperkuat pesan sehingga makin mudah diterima oleh audiens. 


Meningkatkan kinerja SEO 

cakupan strategi seo

Ketika mengelola ulang konten, Anda memiliki kesempatan untuk mengetahui kinerja SEO pada topik yang sama sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan update yang dapat meningkatkan performa visibilitas organik. Tinggalkan keyword yang tidak lagi kompetitif atau menurun di pencarian. Content repurposing dengan berbagai format pada dasarnya juga dapat membantu meningkatkan traffic organik. 


Baca juga: 10 Tips Optimasi Local SEO Untuk Bisnis


Cara Melakukan Repurpose Content 

Untuk melakukan repurpose content, Anda tentu perlu strategi. Dimulai dari mengetahui dan mendefinisikan tujuan baru, melakukan audit konten untuk menemukan konten terbaik, mengecek review atau content feedback, riset kompetitor, hingga akhirnya bisa melakukan proses pengeditan dan pengembangan konten. 


Setelah Anda menemukan konten yang tepat untuk dikelola ulang, saatnya memikirkan ide-ide menarik untuk memberikan penyegaran. Berikut di antaranya:

  1. Blog Post menjadi Podcast 
    Blog post yang biasanya panjang bisa Anda ubah menjadi format audio podcast. Podcast adalah cara baru untuk membuat audiens lebih berminat terhadap konten "lama" atau "sulit dicerna". Podcast sendiri juga makin mudah diakses dan bisa didengarkan sambil melakukan hal lain. Nyatanya, 37% orang aktif mendengarkan podcast setiap bulannya. 

  2. Data Internal menjadi Studi Kasus 
    Jika Anda pernah melakukan A/B testing dan mengumpulkan data dari percobaan tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi konten studi kasus yang berkualitas. Berbagai macam data seperti social media metrics, analisis SEO, atau lainnya juga bisa diterapkan secara sama. Dengan begitu, tambahan value tersebut dapat lebih meyakinkan audiens soal cara kerja Anda dalam melakukan interpretasi data, termasuk akan meningkatkan kredibilitas juga.

  3. Data Statistik menjadi Infografis 
    Kemas ulang konten statistik yang terkadang "membosankan" menjadi lebih menarik dan ringan untuk dikonsumsi. Manfaatkan visual grafis yang dapat meningkatkan pengalaman pembaca dengan menggunakan infografis. Distribusi konten juga bisa dibuat bergam melalui berbagai media sosial. Cara ini dapat menunjukkan bagaimana bisnis peduli dengan data. 

  4. Blog Post menjadi Video 
    Video adalah tipe konten yang makin disukai. 85% pengguna internet menikmati konten dengan format ini. Berbagai informasi penting dari sebuah konten website bisa disajikan ulang dengan cara yang lebih menarik dan engaging melalui video. Kemasan audio visual yang tepat dapat meningkatkan minat audiens untuk mencari tahu lebih lanjut.

  5. Interviews menjadi Expert Guide Ebook 
    Jika Anda pernah membuat konten berisikan wawancara dengan orang-orang penting yang dapat memberikan pengaruh, coba manfaatkan dan kelola ulang konten tersebut ke dalam format lain seperti ebook. Cara ini mudah dilakukan mengingat tidak perlu banyak sesi edit. Selain itu, Anda jadi bisa mengingatkan dan makin meyakinkan audiens dengan format baru ini. 


  6. Testimoni menjadi Konten Produk 
    Lebih dari 90% pelanggan membaca online review sebelum benar-benar melakukan pembelian produk. Testimoni adalah konten yang kuat untuk meyakinkan calon konsumen. Jika Anda pernah mendapatkan testimoni melalui media sosial atau lainnya, kelola data tersebut untuk dimasukkan ke dalam product page. Cara ini juga akan membantu Anda menjaga hubungan dengan customer. Menampilkan review mereka di halaman bisnis menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat mereka. 


    Baca juga:
    Content Marketing, Definisi, Manfaat dan Cara Melakukannya

  7. Konten Visual menjadi Pinterest Board
    Apakah Anda memiliki konten yang kaya akan elemen visual? BAik itu dari media sosial ataupun konten web, coba maksimalkan berbagai image tersebut dan mengubahnya menjadi pinterest board. Ketika Anda melakukan ini, tambahkan pula referensi website atau akun media sosial bisnis sehingga traffic meningkat. 


Nah, apa Anda siap melakukan
repurpose content? Ada beragam ide lain yang bisa Anda kembangkan. Repurpose content adalah trik untuk mengisi jadwal konten Anda tanpa harus benar-benar memulai dari awal. Pengelolaan ulang konten tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, namun juga dapat berdampak langsung pada penjualan dan loyalitas pelanggan. Jadi, coba cek ulang kembali berbagai konten lama atau data “menganggur” yang Anda miliki, lalu ubah menjadi konten yang lebih baru dan makin berkualitas.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: