Blog Layout

25 Statistik TikTok yang Perlu Diketahui [Update Oktober 2022]

Frontier Digital • Mar 21, 2022

Ketika TikTok makin disukai, sebagai pebisnis atau marketer, Anda pasti ingin tahu lebih banyak mengenai aplikasi satu ini. Apakah platform berbasis video ini cocok untuk menunjang strategi bisnis, seberapa jauh dampak yang bisa diberikan untuk bisnis, dan hal-hal apa saja yang perlu dicatat jika ingin memaksimalkan media sosial TikTok? Untuk membantu Anda menemukan jawaban, kami telah merangkum catatan penting mengenai TikTok dan statistik yang perlu Anda ketahui di bawah ini. 

Apa itu TikTok?

TikTok Logo

Sumber: Freepik

TikTok adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dan berbagi video pendek. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 sebagai Douyin di China, aplikasi ini kemudian diluncurkan oleh ByteDance untuk target pasar di luar China di tahun berikutnya. Kini TikTok bisa dengan mudah didapatkan di App Store dan Play Store. 


Di awal kemunculannya, TikTok disebut memiliki kemiripan dengan Musical.ly. Ini menarik karena di tahun 2017, ByteDance, perusahaan induk TikTok pada akhirnya membeli Musical.ly dan melakukan merger secara halus sehingga bisa menarget remaja US yang tertarik dengan aplikasi tersebut. 


TikTok sendiri memang lebih dikenal akrab oleh Gen Z. Dengan format video kreatif, misi aplikasi ini adalah untuk mengabadikan dan menyajikan kreativitas, pengetahuan, dan momen berharga langsung dari ponsel. TikTok memungkinkan semua orang untuk menjadi creator serta berbagi semangat ekspresi kreatif mereka. 


Statistik TikTok 

Keunggulan TikTok membuat platform satu ini layak dijadikan pertimbangan sebagai strategi bisnis. Itulah mengapa muncul istilah TikTok Marketing. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah statistik penting yang telah kami rangkum untuk Anda. 


Pertumbuhan

Dalam tahun pertamanya, TikTok dilaporkan memiliki setidaknya 500 juta pengguna aktif bulanan

  • Pada September 2021, TikTok merayakan keberhasilannya mendapatkan 1 miliar pengguna aktif. 
  • Musical.ly yang dibeli ByteDance dan akhirnya merger dengan TikTok dilaporkan memiliki 100 juta pengguna aktif 
  • Douyin, aplikasi original TikTok yang diluncurkan di China mendaptkan 300 juta pengguna saat Musical.ly melakukan merger dengan TikTok 
  • Di tahun 2020, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh secara global. Angkanya mencapai 850 juta downloads, yang kemudian dilanjutkan oleh aplikasi lain seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram
  • Per Juli 2021, TikTok telah diunduh sebanyak 3 miliar kali
  • TikTok adalah aplikasi gratis teratas di bagian Entertainment di App Store
  • TikTok adalah platform sosial ke-6 yang paling banyak digunakan di dunia


Demografi

Walaupun mulanya pengguna TikTok didominasi oleh Gen-Z di Amerika Serikat, kini banyak milenial mulai ikut meramaikan tren ini.

  • 35% audiens global TikTok adalah mereka yang berusia antara 19-29 tahun, dan sebanyak 28% adalah mereka yang berusia di bawah 18 tahun
  • Per Desember 2020, TikTok memiliki 69,5 juta pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat
  • Per April 2021, 48% dari penduduk Amerika berusia 18-19 tahun menggunakan TikTok, dilanjutkan dengan 20% dari usia antara 30-49 tahun dan 14% dari usia antara 50-64 tahun 
  • 57% pengguna TikTok global adalah perempuan
  • TikTok telah tersedia di lebih dari 200 negara
  • Lebih dari 2.2 juta pengguna aktif TikTok berada di Indonesia 


Perilaku Pengguna

TikTok adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengonsumsi konten berdasarkan minat mereka. Cara kerjanya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk lalu menonton video dan melakukan interaksi (like, comment, share). Jika tidak menyukai video yang ditampilkan, pengguna bisa langsung menggeser video ke atas dan akan muncul video berikutnya. Aplikasi ini tergolong ideal untuk orang-orang yang membutuhkan hiburan cepat karena rata-rata video juga berdurasi singkat. 

  • Rata-rata pengguna menghabiskan 89 menit per hari di aplikasi TikTok
  • Per September 2021, ada 14,43 juta pengguna aktif harian yang menggunakan TikTok Android App dan rata-rata pengguna menghabiskan 12,3 jam per bulan menggunakan aplikasi tersebut
  • Per Januari 2022, pengguna Android  menghabiskan 19,6 jam per bulan di TikTok
  • TikTok adalah aplikasi yang paling banyak didownload di Google Play Store 
  • Pengguna dengan usia muda, yakni 4-15 tahun menghabiskan rata-rata 80 menit per hari untuk menggunakan aplikasi TikTok
  • Rata-rata pengguna membuka aplikasi ini sebanyak 19 kali per hari 
  • Ada 30,8 juta global pengguna aktif di TikTok iOS App per September 2021
  • Pengguna TikTok android sekarang menghabiskan lebih banyak waktu menonton konten di aplikasi ini ketimbang di Youtube
  • Pengguna TikTok aktif di platform media sosial lainnya seperti di Facebook, Instagram, dan YouTube
  • Mayoritas orang menggunakan TikTok untuk mencari konten lucu/menghibur 
  • TikTok melaporkan bahwa video yang lebih panjang (lebih dari satu menit) telah ditonton lebih dari 5 miliar kali secara global
  • Video dengan performa tertinggi berdurasi antara 21 dan 34 detik
  • Menambahkan teks meningkatkan tayangan sebesar 55,7%
  • Pengguna TikTok lebih sering dan konsisten berinteraksi dengan konten di platform tersebut daripada di platform media sosial lainnya
  • 71% pengguna TikTok mengatakan bahwa aplikasi tersebut memiliki dampak yang lebih besar pada kehidupan mereka daripada aplikasi lain yang mereka gunakan
  • 79% mengatakan bahwa aplikasi tersebut menginspirasi mereka untuk melakukan hal-hal baru dalam kehidupan nyata
  • Pengguna TikTok 1,3x lebih mungkin untuk mengetahui tentang produk dan tren sebelum rekan-rekan mereka


Baca juga: 7 Langkah Mudah Membuat Social Media Strategy


Tren di TikTok

Aplikasi ini pada akhirnya juga memunculkan influencer dan tren. 

  • Creator yang paling banyak di-follow di aplikasi ini adalah penari Charli D'amelio dengan 123,5 juta follo wers 
  • Salah satu challenge awal yang berhasil dilakukan brand adalah milik Guess dengan #InMyDenim challenge. Hashtag tersebut mendapatkan total 38,8 juta views
  • 73% pengguna mengaitkan lagu tertentu dengan TikTok
  • 77% pengguna TikTok suka ketika brand mengunggah konten challenge, tren, atau meme baru untuk diikuti orang lain
  • 80% dari video TikTok teratas memiliki musik dan lagu-lagu yang ceria
  • Menggabungkan kembali tren TikTok menghasilkan peningkatan waktu tonton sebesar 14%
  • 43% pengguna mengupload video “duet”


Bisnis

Meskipun TikTok dan ByteDance kurang transparan tentang pendapatan dan detail utama lainnya, inilah yang bisa diketahui:

  • TikTok kini menawarkan lima tingkatan iklan yang menyasar brand-brand besar. Salah satunya adalah a branded hashtag challenge yang dilaporkan memakan biaya sebesar $150.000 per hari 
  • Estimasi penghasilan TikTok adalah 1,9 miliar di tahun 2020
  • Di bulan Oktober 2020, TikTok mendapatkan $115 juta dari pembelian dalam aplikasi oleh pengguna
  • TikTok mendapatkan rating 4,9 star di App Store dan 4,4 star di Google Play Store 
  • Value induk TikTok, ByteDance, mencapai $75 juta, menjadikannya sebagai startup paling berharga di dunia
  • Menurut AppAnnie, TikTok adalah aplikasi nomor satu untuk mendorong pengeluaran konsumen
  • Pengeluaran konsumen untuk TikTok meningkat sebesar 77% pada tahun 2021
  • Iklan TikTok mencapai 17,9% dari semua pengguna internet berusia 18+
  • 24% marketer menganggap TikTok efektif untuk mencapai tujuan bisnis mereka
  • 35% pengguna menemukan produk dan brand dari content creator  TikTok
  • 65% pengguna menikmati saat content creator memposting tentang produk dan brand
  • 67% pengguna mengatakan TikTok menginspirasi mereka untuk berbelanja— bahkan ketika mereka tidak berencana untuk melakukannya
  • 73% user TikTok melaporkan bahwa mereka merasakan hubungan yang lebih dalam dengan perusahaan yang menggunakan TikTok dan berinteraksi dengan mereka


Baca juga:
Ketahui Statistik Marketing Ini Agar Strategi Bisnis Lebih Matang


Kesimpulan 

TikTok adalah platform yang tepat jika Anda ingin memasarkan konten video singkat, sesuai dengan fungsi unggulan aplikasi ini. Survei menunjukkan bahwa 86 persen bisnis menggunakan video sebagai alat pemasaran. Video disebut sebagai alat marketing yang penting dan efektif untuk menarik perhatian serta mendapatkan leads. Apalagi jika Anda memang menyasar audiens usia muda yang spesifik, TikTok adalah platform yang layak dipertimbangkan untuk jadi strategi marketing Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: