Blog Layout

Mengenal Konten Evergreen dan Cara Membuatnya

Frontier Digital • Aug 11, 2022

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konten merupakan bagian penting dari keberhasilan strategi SEO. Inilah mengapa membuat konten yang tepat sangat berhubungan dengan upaya jangka panjang untuk mengembangkan situs web sebuah bisnis. Agar traffic organik bisa terus meningkat, Anda perlu membuat  konten yang terus dicari dan diminati audiens. Tipe konten satu ini biasa disebut sebagai konten evergreen.


Mari mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu konten evergreen dan kenapa ini penting untuk jadi bagian dari strategi konten Anda.

konten evergreen

Sumber: Unsplash

Pengertian konten evergreen


Secara sederhana, konten evergreen adalah konten yang tidak akan ketinggalan zaman. Ini adalah tipe konten yang akan terus dicari atau tetap relevan selama bertahun-tahun mendatang. Artinya, tidak terbatas pada waktu dan tidak bergantung pada tren atau musim tertentu.


Bayangkan konten seperti
"Cara menghemat gaji bulanan".


Konten tersebut bisa menarik pembaca kapan saja, tidak bergantung pada momen tertentu. Konten akan selalu tampak "fresh" di mata pembaca yang memiliki minat pada cara  menghemat gaji bulanan.


Ini sangat berbeda dengan tipe konten viral atau trending seperti
"Menu wajib buka puasa" yang hanya diminati menjelang dan saat bulan puasa tiba. Pada bulan lainnya, konten tersebut menjadi tidak relevan.


Seasonal content
memang bisa langsung menghasilkan traffic yang tinggi namun hanya bertahan singkat. Selanjutnya, minat pada konten tersebut menjadi turun drastis. Berbanding terbalik, evergreen content tidak memiliki "masa expired" sehingga tetap relevan di mata pembaca. Dengan begitu traffic yang dihasilkan pun stabil atau bahkan meningkat seiring waktu.


Baca juga: Content Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

konten evergreen

Sumber: Marketing INsider Group

Lebih dari itu, konten evergreen juga akan menghemat waktu dan energi karena Anda tidak perlu melakukan perubahan atau update konten secara berulang.


Evergreen topic vs. Evergreen content


Setelah membahas pengertian konten evergreen, Anda sebaiknya Anda juga  mengetahui apa apa itu topik evergreen. Membedakan keduanya penting untuk hasil konten yang maksimal.


Dikutip dari Ahrefs, evergreen topic adalah jenis-jenis topik yang ramai diminati dan memiliki jumlah search volume yang tinggi dari waktu ke waktu. Contoh:


  • Tips diet sehat
  • Cara memasak nasi
  • Skor bola


Kedua topik tersebut diminati secara konsisten oleh audiens.


Sedangkan evergreen content adalah konten yang fokus pada topik evergreen karena tingginya minat pembaca. Dari contoh topik evergreen sebelumnya, kita bisa coba ubah menjadi:


  • 10 tips diet sehat dari ahli
  • Cara unik memasak nasi


Nah, khusus untuk skor bola, Anda tidak bisa menjadikannya sebagai konten evergreen. Ini karena ketika Anda membuat konten berdasarkan pertandingan minggu ini, konten tersebut menjadi tidak di relevan di minggu berikutnya. Di sinilah perbedaan antara evergreen topic dan evergreen content.


Cara membuat konten evergreen


Konten evergreen memang penting untuk meningkatkan performa website. Sebelum  membahas bagaimana membuat konten evergreen yang maksimal, ketahui beberapa format konten evergreen yang populer yang bisa menjadi referensi Anda:


  • How-to 
  • Listicle
  • Top Tips
  • Product Review
  • Case study
  • FAQ


Penting diingat bahwa setiap format konten pasti perlu disesuaikan dengan kebutuhan topik bahasan di bidang bisnis Anda. Temukan format yang paling efektif untuk mengkomunikasikan konten Anda.


Baca juga: 7 Cara Melakukan Repurpose Content


Selanjutnya mari membahas langkah-langkah praktis membuatnya.


Tentukan topik dan keyword yang tepat

Dalam pembuatan konten yang berhasil, perlu proses pemilihan topik dan keyword yang tepat. Hal ini juga berlaku ketika membuat konten evergreen. Temukan topik menarik dan relevan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Lanjutkan dengan proses riset keyword untuk melihat potensi ranking dan memaksimalkan performa konten. Gunakan topik yang tinggi peminat sepanjang waktu dan keyword yang memiliki search volume tinggi.


Buat konten

Ketika Anda sudah bisa menarik pembaca melalui topik dan keyword yang tepat, maka perhatikan pula soal struktur konten. Pastikan konten Anda berisi informasi yang mudah dibaca. Pada akhirnya ini juga akan membantu meningkatkan pengalaman pembaca.


Hindari angle batasan waktu

Konten evergreen harus relevan "sepanjang masa". Itulah mengapa hindari angle atau sudut pandang yang berkaitan dengan waktu yang terbatas. Seperti contoh yang telah dipaparkan sebelumnya, ada yang disebut evergreen topic namun Anda tidak harus hati-hati ketika hendak mengubahnya menjadi evergreen content.


Optimasi SEO

Agar konten maksimal, lengkapi dengan langkah optimasi SEO. Letakkan keyword pada lokasi strategis seperti judul, URL, dan bagian-bagian lain di dalam tulisan. Tambahkan alt text dan link internal yang relevan.


Nah, strategi konten yang tepat memang penting. Membuat konten evergreen saja tentu tidak cukup, tapi menyajikan tipe konten ini adalah langkah yang tepat untuk pondasi performa SEO yang baik. Ini karena konten evergreen akan membantu sebuah website mendapatkan traffic organik yang stabil atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: