Blog Layout

Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Frontier Digital • Sep 24, 2022

Media sosial terus berkembang pesat. Hal tersebut pada akhirnya turut menuntut bisnis untuk beradaptasi agar bertahan dan berkembang di era yang sudah serba digital. Strategi pemasaran perlu disesuaikan dengan cara-cara baru yang menarik agar brand bisa memenangkan kompetisi di pasar, salah satunya bisa melalui influencer marketing.


Influencer marketing adalah strategi yang tidak terbatas pada penggunaan selebriti atau publik figur, melainkan bisa melibatkan siapa saja yang memiliki "
influence" atau pengaruh untuk mencapai tujuan pemasaran sebuah brand. Sebenarnya apa itu influencer marketing, apa saja manfaatnya untuk bisnis, serta tren penerapan seperti apa yang bisa Anda pertimbangkan nantinya akan dibahas dalam artikel ini. Mari lanjut simak!

Sumber: Freepik

Pengertian Influencer Marketing

Influencer marketing berarti strategi pemasaran yang menggunakan jasa influencer. Seperti yang telah disebutkan di awal, cara ini tidak terbatas pada selebriti atau publik figur, melainkan bisa oleh siapa saja selama memiliki pengaruh di media sosial sehingga target pemasaran tercapai. Menurut survey Oberlo, 93% marketer telah menggunakan strategi ini. Seiring berkembangnya aneka platform media sosial, nilainya diperkirakan terus meningkat.


Baca juga: Seberapa Besar Peran Social Media Influencer Untuk Mendorong Bisnis?

Sumber: Oberlo

Secara umum, seseorang disebut sebagai influencer ketika mereka memenuhi dua hal berikut:


  • Memiliki jumlah pengikut yang banyak. Lebih dari itu, pengikut atau followers ini adalah audiens yang sudah terkelompokkan karena ketertarikan yang sama terhadap personal brand atau topik yang dibawakan sang influencer (niche).
  • Memiliki pengaruh terhadap para pengikutnya. Sang influencer dapat memengaruhi keputusan pembelian karena otoritasnya membawakan topik tertentu, hingga karena hubungan (engagement) yang kuat dengan audiensnya.


Tingkatan influencer juga bisa berbeda, biasanya terbagi menjadi:


  • Mega influencer

Memiliki jangkauan paling besar, yakni di atas 1 juta followers. Pada tingkatan pertama ini bisa juga berisi selebriti atau publik figur ternama.

  • Macro influencer

Memiliki jangkauan yang terbilang masih cukup besar, yakni antara 100.000-1 juta followers.

  • Micro influencer

Memiliki jangkauan antara 10.000-100.000 followers.

  • Nano influencer

Memiliki jangkauan paling kecil, yakni sekitar 1000-10.000 followers.


Intinya, influencer marketing merupakan strategi kolaborasi yang melibatkan brand dan influencer untuk meningkatkan brand awareness hingga menghasilkan konversi. Cara ini termasuk dalam kategori
native ads atau konten berbayar yang menunjang kegiatan promosi.

Sumber: Oberlo

Manfaat Influencer Marketing

Pengguna internet saat ini sudah semakin pintar untuk memilih apa yang hendak mereka konsumsi. Hal tersebut merupakan tantangan baru yang harus dihadapi marketer atau pemilik bisnis, Anda harus memikirkan cara penyajian konten yang lebih tepat. Memasarkan sesuatu tidak lebih mudah, namun juga bukan berarti impossible untuk mencapai target yang diinginkan.


8 dari 10 konsumen
mengatakan bahwa mereka membeli produk setelah melihat rekomendasi dari influencer. Masih dari survey yang sama, 7 dari 10 konsumen jua mengatakan bahwa mereka berbagi postingan yang diunggah oleh influencer. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika memilih strategi influencer marketing.


Efektif menjangkau target audiens

Ketika Anda memilih influencer, pertimbangan pertama yang penting adalah siapa followers mereka. Fokus utamanya adalah menemukan followers yang hampir mirip dengan target audiens Anda. Selain karena nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengenalkan brand atau memasarkan produk, Anda tentu juga ingin memperluas pasar atau jangkauan.


Meningkatkan brand awareness

Dengan basis audiens yang kuat, influencer bisa membantu brand untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Ini termasuk memperbaiki brand positioning di jagad online. Pada akhirnya lebih mudah bagi Anda untuk mengomunikasikan pesan atau menawarkan produk.


Lebih cepat membangun
trust

Influencer membangun reputasi bukan tanpa alasan. Tidak heran jika pada akhirnya mereka memiliki ikatan yang kuat dan dipercaya oleh followersnya. Jika brand melakukan pendekatan melalui influencer, hasilnya bisa sama. Brand jadi lebih cepat memperoleh trust  karena dipromosikan atau direkomendasikan oleh influencer yang trustworthy.


Memaksimalkan strategi konten

Hal menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika berkolaborasi dengan influencer adalah bentuk dan kreativitas konten yang lebih beragam. Influencer bisanya akan membuat konten versi mereka sendiri, mengingat merekalah yang lebih tahu bagaimana cara berkomunikasi paling tepat dengan audiensnya. Strategi konten yang fresh tentu akan menambah daya pikat dan memperbesar peluang efektivitas pemasaran online Anda.


Baca juga: 7 Tren Social Media Marketing untuk Panduan Bisnis


Contoh Tren Influencer Marketing

Tren influencer marketing terus berkembang, terutama karena perilaku kebiasaan online yang juga dinamis serta ketatnya aturan transparansi iklan di media sosial. Jika Anda berniat untuk mengimplementasikan strategi ini, berikut adalah beberapa contoh jenis konten yang bisa Anda pertimbangkan.


1. Konten interaktif

Unggahan yang memancing interaksi bisanya dimulai dari topik atau masalah yang relate-able. Tak sedikit yang menggunakan sisi personal influencer agar pesan konten semakin tersampaikan.


2. Konten video

Karena sifatnya yang audio-visual, konten video makin disukai. Selain mudah dicerna, membangun konteks emosionalnya juga jadi lebih mudah ketimbang sekadar foto.


3. Menciptakan tren baru

Tren baru bisa diciptakan, salah satunya melalui #challenge. Semakin unik dan memancing perhatian, terlebih karena dipromosikan oleh influencer, cara ini tentu bisa mendongkrak popularitas brand.


4. Social-live commerce

Meningkatnya kecintaan pada aktivitas live streaming shopping, Anda juga bisa mempertimbangkan opsi ini. Influencer biasanya akan berperan sebagai host untuk mempromosikan produk secara real-time


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai influencer marketing. Cara ini bisa jadi salah satu strategi yang diandalkan oleh brand untuk meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan konversi.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: