Blog Layout

4 Tahap Dasar Inbound Marketing Untuk Menggaet Konsumen Millenials

Frontier Digital • Aug 03, 2020

Jika kita berbicara mengenai Millenials, Kids Jaman Now, Gen Z atau sejenisnya, pasti ada satu hal yang yang tidak bisa dihilangkan, yaitu “ketergantungan dengan internet” yang mempengaruhi munculnya strategi-strategi pemasaran dengan metodologi menggunakan Inbound Marketing.



Brand Loyalty ini tidak tercipta dengan sendiri, namun dibutuhkan upaya dan langkah konkrit dari sebuah bisnis agar brand engagement dan awareness benar-benar terwujud.



Apa sih hubungan Brand dengan Inbound Marketing itu?


Secara umum, Inbound Marketing merupakan sebuah metodologi dalam pemasaran digital yang bertujuan untuk menggiring audience/calon pelanggan kepada produk Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari pelanggan, tapi justru calon pelanggan yang secara perlahan dan sukarela akan mendekati produk Anda hingga akhirnya menjadi pelanggan yang setia.



Bagaimana caranya? Mari kita lihat Inbound Marketing Framework dengan 4 tahap dapat diimplementasikan.



1.       ATTRACT



Tahap pertama untuk menarik perhatian audience/calon pelanggan adalah dengan membuat sesuatu yang menarik. Pada tahap attract (Brand Awareness) ini dibutuhkan beberapa hal agar audience mudah menemukan bisnis/produk Anda secara Digital.



  • SEO (Search Engine Optimization)



  • Buat keyword yang relevan dengan bisnis/produk Anda. Sebuah pencarian produk atau servis pasti dicari menggunakan Google. Upayakan produk Anda untuk muncul di halaman pertama.



  • Konten Social Media



  • Ciptakan sesuatu yang mempunyai value untuk audience namun tetap menunjukkan keunggulan dari produk/bisnis Anda. Yang perlu diingat, audience saat ini didominasi oleh millennial, jadi buatlah konten yang menarik dan sesuai dengan karakteristik mereka. Gunakan juga jasa influencer jika perlu.



  • Optimized Site



  • Pastikan website Anda terindex, sehingga mudah ditemukan dan sudah teroptimasi secara Mobile.



  • Digital Advertising



  • Maksimalkan performa konten Anda agar semakin mendekati/attract audience yang sesuai target. Hal ini bisa dilakukan menggunakan Google Search, GDN, YouTube Ads, atau Programmatic Ads seperti Ascope, Double Click, dan lain-lain.



2.       ENGAGE - CONVERT



Salah satu kunci keberhasilan Inbound Marketing adalah terciptanya Brand Engagement yang baik antara brand dengan calon pelanggan potensial untuk meningkatkan konversi. Langkah apa yang harus dilakukan untuk Brand dapat implementasi demi meningkatkan Engagement / hubungan yang baik sehingga mereka dapat Convert dari Visitors menjadi Leads?



  • Landing Page Optimization



  • Jika Anda ingin menarik potensi audience dalam sebuah campaign yang menarik gunakan sebuah minisite/landing page yang teroptimasi.
  • Landing page tersebut bisa dalam bentuk kuis, selfie atau lead magnet lainnya yang dapat menarik perhatian milenials tersebut.
  • Komunikasi, gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan audience.
  • Terbuka, buatlah audience mengenal lebih dalam tentang produk/bisnis Anda dalam landing page tersebut. Berikan gambaran-gambaran yang cukup jelas tentang challenge yang mereka hadapi dan bagaimana produk/bisnis Anda dapat menjadi solusi bagi mereka.



  • Form dan Call to Action



  • Ciptakan sebuah landing page yang sederhana namun dengan clear form dan call to action, agar audience dengan sukarela mau membagikan informasi pribadi. Jangan lupa untuk setup pin points agar campaign lebih terukur dan terarah.



Perlu diketahui, bahwa dalam stage ini mereka masih berada di tahap learning dan masih belum mengerucutkan opsi mereka. Maka dari itu buat kanal pendukung agar mereka bisa dihubungi lebih lanjut.



3.       ENGAGE - CLOSE



Tahap selanjutnya adalah Brand Engagement dengan fase untuk Close Leads menjadi Customer/konsumen.



  • CRM Synchronization



  • Tujuan kita sebagai brand adalah bagaimana kita dapat engage mereka dengan menemukan mereka lewat CRM Synchronization, mengumpulkan mereka dan membuat segmentasi Leads tersebut.



  • Personalized Digital Assets



  • Olah data Leads tersebut menggunakan Digital Assets yang Anda miliki ( personalized email, web, social media) dengan cara memberikan penawaran yang menarik seperti voucher dan lain-lain yang sesuai dengan stage customer journey buying readiness. 



Ingat, jangan berhenti disini! Lakukan pendekatan secara terus-menerus dan bertahap sampai audience benar-benar melakukan pembelian.


4.       DELIGHT


Tahap Delight ini merupakan tahap yang sangat penting. Pada tahap ini, Perusahaan harus benar-benar memastikan konsumennya mendapat kepuasan atas produk yang perusahaan berikan agar mendapatkan pelanggan yang setia atau yang dapat kita nama kan dengan fase Brand Loyalty.


Pada beberapa perusahaan besar seperti perusahaan telekomunikasi dan perbankan sudah mulai menerapkan hal ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat poling penilaian, survei kepuasan pelanggan dan menggunakan email marketing.

 

Jadi, bagaimana dengan perusahaan/bisnis Anda? Apakah sudah menerapkan Inbound Marketing dengan tepat dari stage Brand Awareness - Engagement sampai dengan loyalty? Jika belum, maka inilah saat yang tepat untuk mulai menjalankannya sebelum pelanggan Anda beralih ke competitor yang lain.


Ingin dapat Free-Audit dan Konsultasi dari tim Frontier Digital perihal Digital Assets anda? Langsung click AUDIT SEKARANG.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: